Ini Alasannya Rekor 40.000 Poin LeBron James Hampir Mustahil Dipecahkan

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 05 Mar 2024, 20:45 WIB
LeBron James melakukan gestur saat berhasil melampaui ambang 40.000 poin di NBA. (Foto: AP)

LeBron James melakukan gestur saat berhasil melampaui ambang 40.000 poin di NBA. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Jangan pernah berkata tidak pernah. Ada kemungkinan kecil bahwa suatu hari nanti akan ada seseorang yang bergabung dengan LeBron James di klub 40.000 poin NBA.

James melewati angka 40,000 poin pada Sabtu (2/3) lalu, memperpanjang rekor skor sepanjang masa NBA yang ia rebut dari Kareem Abdul-Jabbar musim lalu.

James telah menambahkan sekitar 1.700 poin jarak antara dirinya dengan total 38.387 poin milik Abdul-Jabbar.

Mungkin ini saatnya untuk menambahkan rekor skor NBA James ke dalam daftar "rekor yang tidak akan pernah terpecahkan", seperti 2.632 pertandingan berturut-turut yang dimainkan oleh Cal Ripken dalam bisbol, 2.857 poin Wayne Gretzky di NHL atau tim bola basket wanita UConn yang memenangkan 111 pertandingan berturut-turut.

Wilt Chamberlain pernah mencetak rata-rata 50,4 poin dalam satu musim di NBA. Tidak ada pemain lain yang pernah mendekati angka tersebut.

Rata-rata tertinggi yang pernah dicapai pemain lain dalam satu musim penuh adalah 38,3 poin per pertandingan oleh Elgin Baylor; jika seseorang memiliki rata-rata sebanyak itu sepanjang kariernya, mereka harus bermain dalam 82 pertandingan selama hampir 13 musim hanya untuk mencapai 40.000 poin.

"Tidak akan ada yang bisa menyamainya," kata forward Miami, Kevin Love, salah satu mantan rekan setim James di Cleveland, tahun lalu saat LeBron James memecahkan rekor Abdul-Jabbar.

Dan ingat, LeBron James mungkin akan bermain satu musim lagi. Atau dua. Atau lebih. Dia bisa saja mencapai 43.000 atau 44.000 pada saat dia pensiun. Hal itu hanya akan membuat rekornya semakin jauh dari jangkauan.

Beberapa alasan mengapa hal ini merupakan kesempatan yang sangat panjang untuk orang lain mencapai tonggak sejarah:

SIAPA YANG BERIKUTNYA?

Selain LeBron James, hanya ada tujuh pemain aktif yang memiliki lebih dari 20.000 poin - yang berarti hanya ada tujuh pemain yang sudah setengah jalan menuju 40.000 poin.

Kevin Durant adalah yang paling dekat dengan James, sekitar 12.000 poin di belakang pemimpin pencetak poin sepanjang masa. Rata-rata karir Durant dengan 27,3 poin per pertandingan sebenarnya 0,2 poin lebih baik dari angka mencetak skor James.

Namun Durant - jika dia mempertahankan rata-rata tersebut - pada dasarnya harus bermain di setiap pertandingan hingga akhir musim 2028-29 untuk mencapai angka 40.000 poin.

Dia akan berusia 40 tahun pada saat itu. Durant bermain pada usia tersebut bukannya tidak realistis. Bermain di setiap pertandingan selama lima tahun lebih mungkin tidak realistis; Durant tidak pernah tampil di semua 82 pertandingan dalam satu musim sejak 2009-10, saat ia berusia 21 tahun.

Ada tiga pemain aktif dengan rata-rata skor per pertandingan yang lebih tinggi dari James. Durant adalah salah satunya, Luka Doncic (28.5) dan Joel Embiid (27.8) adalah yang lainnya.

Doncic baru saja berusia 25 tahun. Seorang reporter bertanya kepadanya pekan lalu apakah ia menganggap usia 25 tahun sebagai ulang tahun yang penting. "Saya merasa seperti berusia 40 tahun," jawab Doncic. Sepertinya Doncic tidak mempertimbangkan untuk bermain 15 tahun lagi, berdasarkan jawaban itu.

Dan Embiid tertinggal sekitar 28.000 poin dari James. Ia harus bermain 1.000 pertandingan lagi, kurang lebih, untuk mencapai 40.000 poin. Mengingat riwayat kesehatan dan usianya - Embiid akan berusia 30 tahun akhir bulan ini - 1.000 pertandingan lagi tampaknya mustahil.

APA YANG DIBUTUHKAN?

LeBron James mencapai 40.000 melalui kombinasi keunggulan dan umur panjang. Hanya Vince Carter yang memainkan lebih banyak musim NBA daripada James, dan jika James - seperti yang diharapkan - kembali untuk Tahun ke-22 musim depan, ia akan menyamai rekor tersebut.

Bermain seakan-akan selamanya, itulah yang membuat tugas yang sulit menjadi hampir mustahil.

Telah ada pencetak skor yang lebih besar, setidaknya dalam hal rata-rata. Michael Jordan dan Wilt Chamberlain memiliki rata-rata 30.1 poin, namun James telah tampil dalam 400 pertandingan lebih banyak dari kedua ikon tersebut.

Elgin Baylor rata-rata mencetak 27,4 poin dalam 14 musimnya; ia tampil dalam 846 pertandingan dan harus bermain dalam 616 pertandingan lagi (dengan rata-rata mencetak poin tersebut) untuk mencapai 40.000 poin.

Jerry West memiliki rata-rata yang kurang lebih sama dalam karirnya dengan LeBron James. Sekali lagi, umur panjang yang membedakan mereka; West bermain 932 pertandingan.

BAGAIMANA DENGAN WEMBY?

Semua pembicaraan mengenai hal-hal yang dapat terjadi di masa depan harus mencakup Victor Wembanyama.

Dia rata-rata mencetak 20,7 poin per pertandingan sebagai seorang rookie. LeBron James rata-rata mencetak 20,9 poin di musim rookie-nya. Hanya 20 tahun lagi dan lintasan yang sama, dan Wemby akan berada di sana dalam 40.000 klub.

Pada akhir pekan All-Star, pemain Milwaukee, Damian Lillard, mengatakan bahwa jika dia yang memegang kendali, dia akan menambahkan garis 4 poin di lantai NBA. Hal tersebut tentunya akan membantu seseorang untuk mencapai 40.000 poin.

Tidak mungkin langkah seperti itu akan terjadi; pada kenyataannya, mengingat bagaimana skor telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, masuk akal untuk berpikir bahwa NBA akan membuat langkah untuk membantu pertahanan sebelum memberikan penembak cara lain untuk memasang angka dalam video game.

KATA TERAKHIR

"Rekor selalu dimaksudkan untuk dipecahkan. Anda tidak pernah bisa mengatakan tidak pernah, untuk rekor apa pun. ... Selama bertahun-tahun, orang-orang mengatakan rekor Kareem tidak akan pernah terpecahkan." - LeBron James, setelah mencetak 40.000 poin.

Artikel Tag: LeBron james

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/ini-alasannya-rekor-40000-poin-lebron-james-hampir-mustahil-dipecahkan
204  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini