Hasil NBA: Denver Nuggets Tumbangkan Boston Celtics 115-109

Penulis: Hanif Rusli
Sabtu 09 Mar 2024, 08:40 WIB
Nikola Jokic (kanan) mencatatkan triple-double ke-20 musim ini saat Denver Nuggets mengalahkan Boston Celtics 115-109 pada Kamis (7/3) malam. (Foto: AP)

Nikola Jokic (kanan) mencatatkan triple-double ke-20 musim ini saat Denver Nuggets mengalahkan Boston Celtics 115-109 pada Kamis (7/3) malam. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Nikola Jokic mencatatkan triple-double ke-20 musim ini dan tuan rumah Denver Nuggets bertahan dari serangan hebat di kuarter keempat dari Boston untuk mengalahkan Boston Celtics 115-109 pada Kamis (7/3) malam.

Hal tersebut membuat sang juara bertahan NBA menyapu bersih seri musim ini dengan sang pemuncak klasemen Wilayah Timur.

Jokic memiliki 32 poin, 12 rebound dan 11 assist, beberapa di antaranya adalah umpan-umpan kepada Aaron Gordon, yang memiliki 16 poin dengan tujuh dunk dan sebuah running hook.

Jamal Murray menambahkan 19 poin dan delapan assist saat Denver Nuggets meningkatkan rekor mereka menjadi 7-1 sejak jeda All-Star.

Ini merupakan triple-double 30 poin ke-30 dalam karier Jokic.

"Dia adalah pemain bola basket yang luar biasa," kata center Celtics Kristaps Porzingis. "Beberapa hal yang saya pelajari darinya hari ini. Dia sangat cerdas, sangat licik, begitu banyak hal yang tidak Anda lihat yang dia lakukan di lapangan yang membantu tim menang. Itu luar biasa. Setiap kali Anda membantu sedikit saja, dia akan menemukan Gordon, dia akan menemukan semua pemain ini. Hal itu menunjukkan betapa berharganya dia bagi mereka."

Ketika ditanya apa yang sebenarnya telah ia pelajari, Porzingis berkata, "beberapa trik yang ia lakukan, saya cukupkan sampai di sini saja."

Mungkin beberapa dari sihir yang dimaksud Porzingis berkaitan dengan permainan alley-oop Jokic-Gordon yang menjadi bagian penting dari persenjataan Denver Nuggets di saat-saat genting, seperti halnya pick-and-roll Jokic-Murray.

Dunk terbaik Gordon datang dari sebuah layup yang gagal dilakukan oleh Jokic dengan dua menit tersisa. Gordon mengoreksi rebound dengan tangan kanannya dan memasukkannya ke dalam keranjang untuk memimpin 109-103.

"Itu adalah tembakan yang gagal," kata Jokic, "tetapi sebuah dunk yang hebat."

Keduanya bekerja sama untuk melakukan alley-oop yang menentukan kemenangan dengan 20 detik tersisa setelah lemparan tiga angka Jayson Tatum untuk memimpin dengan 40 detik tersisa.

Jaylen Brown mencetak 41 poin dan 14 rebound untuk Boston Celtics, yang belum pernah kalah berturut-turut sejak awal November. Namun Brown hanya mampu menembakkan 7 dari 14 tembakan dari garis pelanggaran.

"Mungkin karena ketinggian," kata Brown. "Saya merasa baik-baik saja saat menembakkan bola."

Boston melewatkan sembilan lemparan bebas secara keseluruhan, sementara Nuggets hanya melewatkan satu dari 22 tembakan pelanggaran.

Porzingis menambahkan 24 poin dan 12 rebound untuk Boston Celtics, dan Tatum mencetak 15 poin pada malam yang sulit.

Para pemain cadangan Denver Nuggets mengungguli para pemain cadangan Boston Celtics dengan skor 28-10, dipimpin oleh 11 poin dari Peyton Watson dan pertahanan perimeter yang luar biasa.

Kedua tim baru saja mengalami kekalahan yang mengakhiri rentetan kemenangan beruntun. Kekalahan 105-104 Celtics di Cleveland pada hari Selasa menghentikan rentetan 11 kemenangan beruntun, dan kekalahan 117-107 dalam perpanjangan waktu dari Denver atas Phoenix menghentikan rentetan enam kemenangan beruntun Nuggets.

Jika kedua tim ini akan bertemu di Final NBA pada bulan Juni, ini merupakan sebuah pratinjau yang menggiurkan. Kedua pelatih melihat pertandingan ini sebagai sebuah tolak ukur menuju pertandingan kandang, dengan Michael Malone dari Denver yang mencatat rekor terbaik Boston di NBA dan pelatih Celtics, Joe Mazzulla, yang menyebut sang juara bertahan sebagai tolak ukur liga.

Pertandingan tersebut merupakan segala sesuatu yang diharapkan dari dua pesaing utama.

Duo dinamis Denver Nuggets masing-masing melakukan buzzer-beater di babak pertama, dengan Murray memasukkan tembakan 30 kaki untuk mengakhiri kuarter pertama dan Jokic melakukan tembakan 12 kaki dengan Porzingis di wajahnya yang memberi Denver keunggulan 62-54 saat turun minum.

Namun, Boston Celtics dengan cepat menghapus defisit tersebut dengan sepasang lemparan tiga angka dari Porzingis dan sebuah layup dari Brown setelah jeda.

"Tim itu tidak pernah pergi," kata Malone.

Untuk pertandingan selanjutnya, Boston Celtics (48-14, 19-11 TANDANG) berkunjung ke kandang Phoenix Suns pada Sabtu (9/3) malam, sementara Denver Nuggets (43-20, 25-6 KANDANG) menjamu Utah Jazz pada hari Sabtu yang sama.

Artikel Tag: Boston Celtics, Denver Nuggets

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/hasil-nba-denver-nuggets-tumbangkan-boston-celtics-115-109
195  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini