Final NBA: Boston Celtics Bungkam Dallas Mavericks 106-99, Memimpin 3-0

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 13 Jun 2024, 10:44 WIB
Jaylen Brown (kanan) mencetak 30 poin saat Boston Celtics mengalahkan Dallas Mavericks 106-99 pada Rabu (12/6) malam untuk unggul 3-0 di Final NBA. (Foto: AP)

Jaylen Brown (kanan) mencetak 30 poin saat Boston Celtics mengalahkan Dallas Mavericks 106-99 pada Rabu (12/6) malam untuk unggul 3-0 di Final NBA. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Jayson Tatum mencetak 31 poin, Jaylen Brown menambahkan 30 poin dan Boston Celtics menahan reli Dallas Mavericks untuk mendekati rekor gelar juara ke-18 dengan kemenangan 106-99 pada Rabu (12/6) malam dan unggul 3-0 di Final NBA.

Brown menyelesaikan pertandingan dengan delapan rebound dan delapan assist saat Celtics memperpanjang rekor franchise mereka dengan kemenangan playoff ke-10 secara beruntun dan menjadi 7-0 dalam pertandingan tandang di playoff ini.

Mereka dapat memenangkan seri ini dan mematahkan rekor Lakers sebagai tim yang paling banyak meraih gelar juara NBA dengan kemenangan pada hari Jumat (14/6) di Dallas.

Rekor Boston Celtics juga membaik menjadi 10-1 dalam playoff ini tanpa Kristaps Porzingis setelah pemain Latvia berpostur 7 kaki 2 inci itu dikesampingkan sekitar dua jam sebelum pertandingan karena cedera tendon langka di kaki kiri bawah yang dideritanya pada Game 2.

Status Porzingis untuk sisa seri ini tampaknya diragukan, namun hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah. Tidak ada satupun dari 156 tim sebelumnya yang menghadapi defisit 3-0 yang dapat bangkit untuk memenangkan seri playoff NBA.

Dallas Mavericks hampir saja melakukan comeback gila untuk menghindari lubang besar - 13 tahun setelah satu-satunya reli yang menyamai reli tersebut di Final NBA yang memicu laju Dallas untuk meraih gelar satu-satunya melawan Miami.

Boston Celtics memimpin 91-70 pada akhir dari laju 20-5 di awal kuarter keempat sebelum Dallas Mavericks menjawab dengan laju 22-2 untuk mengejar sampai berselisih satu poin dengan 3 1/2 menit tersisa.

Masalahnya, Luka Doncic melakukan pelanggaran keenamnya dengan 4:12 tersisa ketika sebuah "challenge" tidak berhasil sebelum Kyrie Irving, yang mencetak 35 poin, melesakkan sebuah tembakan untuk membuat Dallas berada dalam jarak satu poin.

Tatum dan Brown menyelamatkan Boston Celtics dari sana, dengan bantuan dari Derrick White, yang mencetak 16 poin. Ketiganya menggabungkan 13 poin Boston yang tersisa untuk membawa Celtics mendekati gelar juara pertama mereka sejak 2008, dan yang kedua sejak 1986.

Dalam pertandingan yang tampaknya akan berakhir di awal kuarter keempat, skor sempat tertahan di angka 93-90 selama lebih dari tiga menit. Hal tersebut termasuk ketika Doncic disemprit wasit karena melakukan "blocking" terhadap Brown yang sedang menggiring bola.

Dallas Mavericks tidak akan merugi dengan "challenge" tersebut, karena hal itu berarti mencoba menyelamatkan superstar mereka dari terusir dari lapangan.

Tanpa Doncic, Dallas Mavericks berhasil mendekatkan jarak menjadi dua poin sebelum Brown melakukan pullup jumper dengan satu menit tersisa. P.J. Washington Jr, Irving dan Tim Hardaway Jr masing-masing gagal melakukan lemparan tiga angka di menit terakhir saat rekor kekalahan beruntun Irving melawan mantan timnya mencapai 13 pertandingan.

Penonton Dallas yang penuh semangat siap untuk pertandingan final pertamanya dalam 13 tahun terakhir, dengan quarterback pemenang Super Bowl dan penggemar Mavs, Patrick Mahomes dari Kansas City Chiefs, sering kali beranjak dari tempat duduknya di dekat tengah lapangan.

Mavs membutuhkan dorongan besar setelah mengalami dua kekalahan di Boston, meraih keunggulan terbesar mereka dalam seri ini dengan unggul 22-9. Doncic dan Irving mengiring bola ke dalam untuk mencetak angka dan juga melesakkan embakan 3 poin.

Boston Celtics menjawab dengan laju 21-9 di kuarter pertama. Sam Hauser memasukkan dua tembakan 3 poin di kuarter pertama - dalam tiga percobaan - untuk membantu mengakhiri laju yang dimulai dengan empat poin dari Brown dan sebuah tembakan 3 poindari Tatum.

Pertahanan mendominasi awal kuarter kedua, Boston memegang keunggulan 5-2 hampir enam menit sebelum Irving dan Tatum bertukar tembakan tiga angka untuk memulai ledakan skor.

Artikel Tag: Boston Celtics, dallas mavericks

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/final-nba-boston-celtics-bungkam-dallas-mavericks-106-99-memimpin-3-0
289  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini