FIBA Resmi Bekukan Peringkat Untuk Turnamen 3x3

Penulis: Viggo Tristan
Selasa 28 Apr 2020, 21:05 WIB
FIBA Resmi Bekukan Peringkat Untuk Turnamen 3x3

FIBA resmi bekukan peringkat basket 3x3 dunia.

Berita Basket Dunia : FIBA akhirnya mengambil keputusan tegas untuk membekukan peringkat dunia cabor basket 3x3. Hal ini terpaksa dilakukan mengingat tidak ada turnamen yang dihelat di tengah pandemi Virus Corona saat ini.

Berbeda dengan cabor basket 5x5, basket 3x3 menggunakan sistem poin untuk menentukan peringkat dunia. Poin yang dihitung dinilai berdasarkan performa terbaik dari masing-masing pemain selama 12 bulan terakhir. Peringkat ini menjadi penting karena berpengaruh dalam kualifikasi beberapa turnamen besar. Sebagai contoh, tim basket 3x3 putri Indonesia bisa masuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 karena berada di peringkat 24. Sementara, tim basket 3x3 putra tidak bisa mendapatkan hak tersebut karena berada di peringkat 39.

Berikut adalah beberapa poin penting yang dikeluarkan FIBA dalam pengumuman pembekuan peringkat basket 3x3:

-. Semua peringkat FIBA 3x3 dibekukan mulai 1 April 2020 hingga penangguhan kompetisi diangkat oleh FIBA, atau tanggal yang ditetapkan selanjutnya.

-. Masa aktif poin atau peringkat dunia, tim, dan federasi akan berlaku mulai masa pembekuan. Durasi pembekuan poin bisa diperpanjang.

-. Perpanjangan pembekuan poin dibatasi hingga tanggal 1 Oktober 2021. Sebab setelah itu akan dimulai penghitungan poin atau peringkat untuk periode berikutnya.

Tidak diketahui secara pasti kapan turnamen basket 3x3 bisa dimulai. Yang jelas, pihak penyelenggara akan mengambil keputusan yang terbaik di masa mendatang. Mereka akan tetap memprioritaskan keselamatan semua pihak dalam memulai kembali kompetisi.

Artikel Tag: FIBA, 3x3 Basket, basket, Virus Corona

387  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini