FIBA Berniat Tambah Jumlah Wasit Wanita

Penulis: Viggo Tristan
Minggu 28 Jun 2020, 18:07 WIB
FIBA Berniat Tambah Jumlah Wasit Wanita

FIBA berniat tambah jumlah wasit perempuan.

Berita Basket Dunia : FIBA bertekad untuk menambah jumlah wasit wanita lengkap dengan lisensinya. Mereka merasa jika kinerja wasit kaum hawa selama ini telah cukup memuaskan. Sementara secara jumlah, wasit kaum hawa masih kalah jauh dibandingkan wasit kaum adam.

Menurut pengakuan atasan FIBA, mereka ingin menambah jumlah wasit perempuan sekitar 20-30 persen. Hal ini mengingat turnamen basket perempuan juga semakin banyak belakangan ini. Mau tidak mau, kuota untuk wasit perempuan juga harus ditambah. FIBA sendiri sadar apabila wasit perempuan sulit memiliki karier panjang. Mereka lantas memberikan sejumlah solusi untuk permasalahan itu.

"FIBA berupaya mengembangkan wasit wanita di seluruh dunia untuk mendapatkan lisensi. Mereka, para wasit perempuan, menunjukkan performa yang bagus. Namun kendalanya adalah jenjang karier mereka pendek. Tentunya persiapan fisik, mentoring, serta tambahan pengetahuan akan membuat mereka lebih baik ke depan," ucap Carl Junglebrand selaku kepala wasit FIBA.

Tidak bisa dipungkiri jika wasit perempuan memang kehadirannya masih sangat kurang saat ini. Kebanyakan turnamen basket resmi FIBA selalu dipimpin oleh wasit laki-laki. Hal ini mengingat kompetisi basket memang khas dengan aktivitas fisik yang keras. Belum lagi, para pemain yang biasanya melakukan aksi protes keras terhadap wasit. Wasit perempuan akan sangat rentan untuk mendapat serangan seperti itu dari pemain.

Sebaliknya, jika turnamen wanita dipimpin oleh wasit pria, terkadang ada perasaan kurang nyaman dari pemain dalam melancarkan protes. Begitupun dengan wasit yang tidak bisa bertindak secara leluasa karena takut dikira melakukan pelecehan seksual.

Artikel Tag: FIBA, basket, wasit, Carl Junglebrand

244  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini