Erick Thohir Bangga Timnas Basket Indonesia Putus Dominasi Filipina

Penulis: Senja Hanan
Minggu 22 Mei 2022, 22:47 WIB
Bangganya Erick Thohir LIhat Timnas Basket Indonesia Raih Emas SEA Games

Center Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden. (Images: Perbasi)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket SEA Games: Timnas Basket Indonesia untuk pertama kalinya menyabet medali emas di nomor 5x5 putra ajang SEA Games. Menteri BUMN, Erick Thohir mengaku bangga karena Indonesia akhirnya mampu putus dominasi Filipina.

"Sejarah Terciptakan. Timnas basket putra Indonesia raih medali emas SEA Games 2021. Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun,” kata Erick melalui pesan tertulis, sebagaimana diberitakan Antara.

Timnas Basket Indonesia tampil sebagai juara SEA Games untuk pertama setelah mengalahkan sang juara bertahan Filipina dengan skor 85-81 di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Minggu.

Kemenangan Timnas Indonesia yang diasuh pelatih berkebangsaan Serbia, Milos Pejic, itu menjadi sejarah baru. Sebelumnya prestasi terbaik Indonesia di basket putra SEA Games hanya medali perak.

Filipina sebelumnya nyaris tak tersentuh sebagai raja bola basket Asia Tenggara dengan 18 kali merebut emas SEA Games. Filipina menjadi juara bola basket sejak pertama kali olahraga ini dipertandingkan di SEA Games pada 1977 hingga 2019. Mereka hanya melepas emas kepada Malaysia pada 1979 dan 1989.

"Ini pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabang olahraga basket sejak keikutsertaan pada 1977. Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun," kata pria yang saat ini tercatat sebagai Anggota Central Board Federasi Bola Basket International (FIBA).

Atas prestasi timnas bola basket Indonesia itu, sebagai penggiat bola basket, Erick Thohir menyampaikan terimakasih kepada segenap pihak yang mendukung kemajuan olahraga bola basket Indonesia.

"Kepada Seluruh Individu dan institusi - terima kasih untuk percaya dan dorong prestasi bola basket Indonesia," lanjut pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Artikel Tag: SEA Games 2021, Erick Thohir, Timnas basket Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/erick-thohir-bangga-timnas-basket-indonesia-putus-dominasi-filipina
643  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini