Doncic: Lillard Lebih Pantas Jadi Starter All-Star NBA Ketimbang Saya

Penulis: Mochammad Muaz
Minggu 21 Feb 2021, 17:00 WIB
Luka Doncic puji performa Damian Lillard musim ini. (Gambar: Getty)

Luka Doncic sebut Damian Lillard lebih layak jadi starter. (Gambar: Getty)

Berita Basket NBA: Point guard Dallas Mavericks Luka Doncic akan menjadi starter di acara All-Star NBA 2021.Hari Sabtu waktu setempat, sang ‘Wonderboy’ memberikan komentar atas pemilihan tersebut dan tadinya ia mengira bintang Portland Trail Blazers Damian Lillard akan mendapatkan tempatnya.

“Saya tidak mengira saya akan menjadi starter,” terangnya pada wartawan, dikutip dari Tim McMahon dari ESPN. “Saya pikir Lillard lebih layak jadi starter ketimbang saya.”

Pemungutan suara All-Star terdiri dari suara penggemar (bobot 50 persen), pemain (25 persen), dan awak media (25 persen). Doncic dan Lillard sebetulnya mendapatkan skor total yang sama untuk menempati peringkat kedua posisi guard di bawah Steph Curry, namun sang penggawa Mavericks terpilih karena mendapatkan lebih banyak suara fans.

Sang alumnus tim basket Universitas Weber State memang tidak akan menjadi starter, namun ia hampir dipastikan akan ada di daftar bangku cadangan. Pemain asal Oakland, California itu sejauh ini tampil sensasional, mencatat rata-rata 29.8 poin, 7.7 assist, dan 4.4 rebound per pertandingan dan mengantarkan timnya ke catatan kemenangan 18-10, dengan enam kemenangan beruntun di enam pertandingan terakhir.

Portland saat ini bercokol di posisi keempat konferensi barat meskipun tengah kehilangan CJ McCollum (15 pertandingan) dan Jusuf Nurkic (16 pertandingan) selama lebih dari setengah musim.

Sang bintang Mavericks pun tak kalah mengesankan, dengan rata-rata 29.1 poin, 9.4 assist, dan 8.6 rebound per pertandingan.

Pemain yang akrab dipanggil ‘Dame’ oleh rekan-rekannya itu berada di peringkat tiga perolehan Win Share dengan skor 4.6, dan memiliki Player Efficiency Rating (PER) senilai 27.1, menurut Basketball Reference. Sementara Doncic berada di posisi ke-15 dengan Win Share 3.4 dan ke-7 dengan PER 26.8.

Boleh dibilang, secara individu Dame lebih sukses musim ini, meskipun sang Wonderboy adalah ancaman konstan yang bisa mendapat triple-double kapan saja. Ditambah lagi, timnya juga menempati posisi lebih tinggi sementara Mavericks (yang juga kerap kehilangan banyak pemain karena cedera dan protokol kesehatan) menempati posisi ke-10 konferensi barat dengan catatan kemenangan 13-15.

Malahan, ada yang berpendapat bahwa bintang Portland itu lebih layak jadi starter dibandingkan Curry, yang menempati peringkat ke-5 Win Share (4.4) dan ke-8 dalam PER (25.4). Curry memimpin timnya meraih catatan kemenangan 16-14 setelah menyelesaikan musim lalu dengan rekor 15-50. Ia mencetak rata-rata 29.9 poin, 6.2 assist, dan 5.4 rebound per pertandingan.

Bagaimanapun juga, tidak akan ada perbedaan berarti kecuali para pelatih NBA, yang memilih para pemain cadangan entah bagaimana tidak memilih point guard Blazers itu.

Hal tersebut mungkin tak akan terjadi, karena itu para fans bisa berharap untuk melihat aksi Doncic dan Lillard pada tanggal 7 Maret mendatang. Kevin Durant dan LeBron James aken melakukan draft untuk memilh pemain yang akan memperkuat tim mereka tiga hari sebelum pertandingan dilaksanakan.

Artikel Tag: Luka Doncic, Damian Lillard, dallas mavericks, Portland Trail Blazers, NBA

614  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini