Dokumenter Gelar Terakhir Michael Jordan Dan Chicago Bulls Siap Rilis Tahun 2020

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 26 Des 2018, 18:54 WIB
Dokumenter Gelar Terakhir Michael Jordan Dan Chicago Bulls Siap Rilis Tahun 2020

Michael Jordan (kiri) dan pelatih Phil Jackson setelah menjuarai NBA Finals 1998 (cheatsheet.com)

Proyek dokumenter yang sudah lama dinantikan tentang gelar terakhir Michael Jordan dan Chicago Bulls pada 1998 akhirnya siap dirilis ESPN pada tahun 2020. Kepastian tersebut diumumkan dengan peluncuran sebuah trailer sepanjang 60 detik dengan judul “Last Dance – Coming 2020”.

Di trailer tersebut dipertontonkan beberapa cuplikan seperti pelatih Phil Jackson yang membanting pintu, Jordan yang menendang kardus usai pertandingan atau mengguyurkan sampanye ke kepala warna-warni Dennis Rodman seraya berkata, “Inilah warna yang benar”.

Serial dokumenter yang terdiri dari 10 bagian dengan total tayang 10 jam ini menceritakan kisah-kisah yang belum pernah diungkapkan di balik gelar NBA terakhir (dan keenam) bagi Jordan dan Bulls di akhir era 90-an.

Penayangan perdana akan dilakukan ESPN pada musim panas 2020 dan Netflix pada musim gugur 2020. Dokumenter ini memang hasil kerja sama bareng ESPN dan Netflix, plus Mandalay Sports Media, NBA Entertainment, dan Jump 23.

Serial ini disutradarai oleh Jason Hehir yang dikenal menyutradarai sejumlah film dokumenter 30 for 30 seperti Fab Five, dan diproseduri oleh Mike Tollin, pemilik Mandalay Sports Media, yang juga piawai membuat film-film dokumenter sejenis.

Proyek ini dibuat berdasarkan lebih dari 500 jam rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya. Wawancara terkini dengan Jordan, Jackson, Rodman, Scottie Pippen, Steve Kerr dan lain-lain akan ikut memperkaya serial besutan ESPN ini.

ESPN memang getol membuat dokumenter olahraga yang bahkan lebih panjang daripada satu film. Pada 2016, ESPN sukses membuat dokumenter “OJ: Made In America” yang terdiri dari lima bagian dengan total tayang delapan jam. Sejak itu mereka merilis banyak serial lainnya.

Sebut saja “Basketball: A Love Story” (62 cerita dengan total 20 jam), “Year One on NBA rookies” (8 episode), Celtics/Lakers: Best of Enemies (2 episode), dan lain-lain. Patut ditunggu apakah “Last Dance” akan sama suksesnya. Namun pastinya akan menarik bagi fans Bulls pada khususnya dan NBA pada umumnya.

Artikel Tag: michael jordan, NBA, Chicago Bulls

933  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini