Charlotte Hornets Lepas Pemain Ini untuk Bayar Gaji Hayward

Penulis: Senja Hanan
Senin 30 Nov 2020, 15:39 WIB
Charlotte Hornets melakukan pengorbanan untuk dapatkan Gordon Hayward.

Charlotte Hornets melakukan pengorbanan untuk dapatkan Gordon Hayward.

Berita Basket NBA: Untuk bisa membayar gaji Gordon Hayward, Charlotte Hornets terpaksa melepas salah satu pemain veterannya. Dia adalah Nicolas Batum.

Hornets memiliki total gaji mencapai AS$80,9 juta untuk musim depan (belum termasuk kontrak ruki). Jumlah ini berjarak hampir AS$30 juta dengan ruang gaji NBA untuk musim depan.

Namun, kontrak Batu yang mencapai AS$27 juta jelas menjadi beban untuk Hornets dalam menjaga neraca keuangan mereka seiring kedatangan Hawyard. Ya, kontrak Batum memang sangat besar untuk pemain yang kita lihat empat tahun ke belakang.

Pada jeda musim 2016, Batum dan Hornets sepakat dengan kontrak AS$120 juta selama lima tahun. Bukan tanpa alasan Batum diganjar kontrak sebesar itu. Tujuh musim bersama Portland Trail Blazers, Batum menorehkan catatan 11,2 poin, 5,1 rebound, dan 3,0 asis per gim dengan akurasi tripoin di atas 36 persen.

Batum memiliki kemampuan yang komplet untuk pemain dengan tinggi setara LeBron James (206 sentimeter). Ia mampu melantun (dribble) bola dengan baik, melepas tembakan jarak jauh, bertahan, dan juga menjadi pengatur serangan. D

itambah usianya yang masih 26 tahun kala itu, Batum dianggap bisa menjadi pemain utama yang solid untuk Charlotte Hornets. Sayangnya, Batum gagal memenuhi ekspektasi.

Ia gagal menjadi pemain yang mendapat bayaran lebih dari AS$20 juta per tahun. Meski catatan Batum masih terbilang konsisten (dua digit poi) di tiga musim pertama, Hornets mengharapkan ia lebih dari itu.

Ditambah semangat pembangunan ulang (rebuild) skuat, Hornets harus melepas pemain asal Prancis ini. Pun demikian, pesona Batum tampaknya masih tersisa. Tak lama setelah resmi diputus kontrak, Batum dikabarkan sudah menarik perhatian Los Angeles Clippers.

Jika sekadar menjadi barisan pemain cadangan, rasanya Batum masih cukup memiliki kapasitas yang baik. Di sisi lain, kepergian Batum langsung mersemikan transaksi Hayward.

Kontrak Batum yang cukup besar tadi juga dipecah menjadi tiga musim. Artinya, Hornets masih akan terbebani AS$9 juta di ruang gaji mereka hingga tiga musim ke depan. Pun begitu, tujuan utama untuk mendatangkan Hawyard plus dua hak memilih putaran kedua di musim 2023 dan 2024 tetap terjadi.

Celtics sendiri mendapatkan hak memilih putaran kedua yang sifatnya kondisional plus trade exception.

Artikel Tag: Gordon Hayward, Charlotte Hornets

1009  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini