Bima Perkasa Mulai Mencari Bibit Pebasket Muda Asli Yogyakarta

Penulis: Senja Hanan
Sabtu 19 Sep 2020, 11:27 WIB
Para pemain Bima Perkasa sedang latihan. (Images: Bimaperkasa.com)

Para pemain Bima Perkasa sedang latihan. (Images: Bimaperkasa.com)

Berita Basket IBL: Bank BPD DIY Bima Perkasa mulai memikirkan regenerasi untuk menatap masa depan yang cerah. Tim IBL asal Yogyakarta itu pun mulai kasak-kusuk mencari pebasket lokal.

Sebagaimana diketahui, usai ditunjuk sebagai Manajer Teknis Kepelatihan Bima Perkasa, Kartika Siti Aminah membuat beberapa program baru terkait pembinaan tim. Salah satunya yaitu pola perekrutan pemain dan pelatih. Ika -sapaannya- ingin membuat kombinasi pemain junior dan senior di Bima Perkasa.

"Kandidatnya sudah kami susun. Ada pemain yang berpengalaman, sampai pemain muda yang siap terjun ke profesional. Ditambah lagi pemain muda potensial," katanya, seperti dilansir laman resmi klub.

Rencana jangka panjang itu disusun setelah melakukan mengevaluasi tim musim lalu. Ada beberapa kelemahan yang bisa diperbaiki untuk musim depan. Khususnya tentang regenerasi pemain. Kartika berharap tim ini bisa menemukan pemain asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kami inginnya di tim ada pemain asal Yogyakarta. Tujuannya, agar basket kota ini punya pembinaan berjenjang sampai ke profesional. Tidak hanya berhenti di level kampus atau sekolah saja," imbuhnya.

Gayung bersambut dengan program ini, manajemen tim yang didirikan tahun 1989 itu mendukung rencana tersebut. Saat ini Bima Perkasa memang sudah mengembangkan akademi basket yang dibina oleh Barra Sugianto, Ali Mustofa, dan Danny Kusuma.

Mereka pernah bermain di liga profesional Indonesia. Komposisi tim yang dulunya bernama Bima Sakti Malang saat ini memang unik. Mereka masih diperkuat oleh pemain-pemain yang dulunya membela Bimsakti Malang. Sementara, rata-rata usia mereka sudah tidak muda lagi.

Regenerasi tim juga tidak terbentuk dengan baik, karena pemain ruki yang datang bukan berasal dari kota yang terkenal dengan gudegnya tersebut. Meski beberapa dari wilayah Jawa Tengah, tapi mereka masih berpeluang pindah klub. Namun bila yang masuk itu putra daerah, maka kemungkinan pindah klub lebih kecil.

Artikel Tag: Bima Perkasa, Yogyakarta, IBL

919  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini