Berita Basket: Para Bintang NBA Perjuangkan Program Bantuan untuk Pensiunan Pemain

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 14 Okt 2016, 23:59 WIB
Berita Basket: Para Bintang NBA Perjuangkan Program Bantuan untuk Pensiunan Pemain

LeBron James juga aktif di serikat pemain NBPA

Ligaolahraga – Berita Basket: Dalam kesepakatan CBA (Collective Bargaining Agreement), para pemain NBA akan memprioritaskan pengadaan bantuan bagi pensiunan pemain saat berunding dengan pemilik-pemilik klub dan program bantuan tersebut didanai oleh pihak liga.

Demikian disampaikan bintang Cleveland Cavaliers yang juga menjabat sebagai wakil presiden untuk komite eksekutif NBPA, LeBron James pada Kamis (13/10). Program bantuan yang masih dibicarakan itu berupa pendidikan dan biaya pengobatan.

 

Sebagai timbal balik dari program tersebut, jika kedua belah pihak bersepakat, pembagian pemasukan dari semua hal yang berhubungan dengan basket akan tetap 50-50, atau sama dengan yang disepakati dalam kesepakatan CBA saat ini yang diteken pada 2011 silam.

 

Putusan bagaimana membagi kue keuntungan menjadi halangan terbesar yang berujung pada “lock out” lima tahun lalu. Namun karena isu itu sudah ditangani sekarang, negosiasi berjalan jauh lebih mulus dan kedua pihak berharap dapat meneken kesepakatan baru sebelum tenggat 15 Desember.

 

Bagi James, Presiden NBPA Chris Paul dan anggota lainnya dalam serikat pemain, langkah memastikan kesejahteraan pensiunan pemain merupakan cara mereka untuk membantu mantan pemain agar tetap diperhatikan. Maklum tidak semua beruntung punya kocek yang dalam setelah masa bermainnya berakhir.

 

“Kami semua membangun liga ini bersama-sama,” kata James tentang alasan di balik langkah tersebut. “Tidak peduli betapa tenarnya Anda atau Anda hanya pemain ke-15 di bangku cadangan, kami semua membangun liga ini menjadi seperti sekarang.”

 

Mike Glenn, veteran NBA dan anggota dewan direksi Asosiasi Pensiunan Pemain NBA, mengatakan CBA mendominasi pembicaraan di antara para pensiunan lebih dari setahun. “Kami sangat berterima kasih kepada Chris Paul, LeBron, dan lain-lain yang mengikutsertakan kami dalam negosiasi itu,” kata Glenn.

 

James menekankan bahwa program kesehatan dan pendidikan bagi pensiunan pemain bukan idenya semata melainkan keputusan kolektif dari serikat pemain. “Saya hanya ingin melihat liga ini terus tumbuh, itulah yang paling penting bagi saya,” tandasnya.

Artikel Tag: NBA, LeBron james, Chris Paul, CBA, basket

657  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini