Berita Basket: Atlanta Hawks Ingin Semua Orang Mengaitkan Tangan Saat Lagu Kebangsaan Diperdengarkan

Penulis: Haditha
Jumat 07 Okt 2016, 18:57 WIB
Berita Basket: Atlanta Hawks Ingin Semua Orang Mengaitkan Tangan Saat Lagu Kebangsaan Diperdengarkan

Pemain Toronton Raptors saling mengaitkan tangan di pemutaran lagu nasional

Liga Olahraga - Berita Basket: Atlanta Hawks ingin semua orang, baik pemain, ofisial, hingga fans mereka yang hadir ikut serta saling mengaitkan tangan saat lagu kebangsaan diperdengarkan. Hawks seolah ingin menunjukkan kesatuan dalam keragaman di kota Atlanta.

Celtics, Knick, Rockets, Lakers dan Kings saling mengaitkan lengan selama lagu kebangsaan diperdengarkan pada pertandingan hari Selasa. Raptors melakukan hal yang sama pada hari Sabtu lalu.

Mengaitkan tangan ini merupakan aksi yang dipicu oleh atlet-atlet dalam beragam bidang olahraga yang tengah memprotes ketidakadilan sosial terutama isu rasial dan kebrutalan polisi. Gerakan ini dimulai pertama kali oleh pemain NFL, Colin Kaepernick yang memilih berlutut daripada berdiri pada saat pemutaran lagu kebangsaan Amerika.

NBA sendiri secara bersama-sama telah merundingkan hal ini dan menyatakan bahwa semua pemain, pelatih dan personil tim harus berdiri saat pemutaran lagu kebangsaan.

Namun, setelah diskusi tim selama satu jam usai sesi latihan pada hari Selasa lalu, Atlanta Hawks memiliki gagasan yang lain. Mereka akan meminta semua orang yang hadir di kandang mereka untuk ikut bergabung dan saling mengaitkan tangan. Aksi ini mungkin dapat dimulai pada pertandingan persahabatan pertama Hawks melawan Cavaliers, Senin depan. Tajuk 'Unity Game' diangkat untuk merayakan multikultur dan keberagaman dalam kota Atlanta.

“Kami ingin memulainya di sini, di Atlanta,” Ujar Dwight Howard, yang menggagas ide ini. “Hal ini akan menjadi sesuatu yang baik untuk menunjukkan bahwa kota Atlanta bersatu tak peduli warna kulit, ras, agama yang kau miliki. Jika anda datang ke pertandingan, kami ingin menunjukkan bahwa kami bersatu dan kami bersama-sama.”

“Jika kita dapat memulainya sebagai negara yang menghormati satu sama lain dengan gestur sederhana, seperti mengaitkan tangan misalnya, mengatakan bahwa kita bersama-sama, hidup akan menjadi lebih baik. Saya rasa ini adalah awal yang baik.”

Pelatih Atlanta Hawks, Mike Budenholzer mengatakan bahwa klub akan mendukung pemain yang memilih terlibat dalam gerakan protes ini.

“Perhatian besar kami adalah agar tidak menciptakan kontroversi. Kami tidak ingin terdistraksi. Ini penting agar pesan yang kami sampaikan diterima dan kami melakukannya dengan cara terhormat. Saya rasa orang-orang akan mengerti.”

Mereka ingin menunjukkan kepada dunia bahwa mereka semua bersatu, terutama sebagai sebuah kota. 

Artikel Tag: Atlanta Hawks, National Anthem, Unity, basket, NBA, Berita Basket

868  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini