Bali United Basketball Jalani Latihan Dengan Cara Yang Unik

Penulis: Viggo Tristan
Selasa 13 Des 2022, 20:47 WIB
Bali United Basketball jalani latihan fisik di pantai.

Bali United Basketball tambah variasi latihan di pantai. (Gambar: IBL Indonesia)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket IBL : Bali United Basketball punya cara unik untuk mempersiapkan IBL musim 2023 mendatang. Tim yang khas dengan julukan Tridatu Warriors ini mulai menjalani sesi latihan di pantai.

Menurut Asep Suja Nugroho selaku pelatih fisik Bali United Basketball, latihan di pantai membawa sejumlah dampak positif untuk fisik pemain. Karakteristik pasir di pantai yang tidak stabil cenderung menambah beban kepada para pemain untuk menjalani latihan fisik. Dengan metode-metode yang diterapkan secara profesional, para pemain bisa lebih berkeringat dan mendapatkan banyak hal positif.

"Perubahan setelah berlatih di atas pasir pantai sangat baik. Karena kontur pasir pantai yang cenderung tidak stabil jika dibandingkan dengan lapangan basket akan memberikan beban tersendiri bagi otot kaki dalam melangkah. Otot-otot yang berperan saat kaki melangkah seperti otot bokong, otot perut bawah, otot paha, dan otot kaki bagian bawah akan mengeluarkan usaha lebih besar ketimbang saat melangkah di lapangan basket. Dengan begitu, efek latihan yang diterima para pemain juga akan lebih baik ketimbang latihan di lapangan basket," ucap Asep.

"Di sisi lain, berlatih di atas pasir pantai juga membuat beban sendi-sendi pada kaki Anda menjadi lebih kecil. Hal ini disebabkan karena kondisi pasir yang lebih empuk ketimbang lapangan basket. Dengan begitu gaya reaksi saat kaki berpijak di pasir pantai akan lebih teredam ketimbang jika kaki berpijak di lapangan basket, sehingga sedikit banyak ancaman cedera akan dapat berkurang. Perubahan fisik akan mendapatkan porsi paling besar dalam latihan di daerah pantai," tukasnya.

Artikel Tag: Bali United Basketball, IBL

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/bali-united-basketball-jalani-latihan-dengan-cara-yang-unik
386  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini