Aksi Heroik Jaylen Brown Berbuah Trofi MVP Timur "Larry Bird"

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 28 Mei 2024, 11:41 WIB
Jaylen Brown memblok tembakan Andrew Nembhard (kiri) dan bergembira saat menerima trofi Larry Bird sebagai MVP Wilayah Timur. (Foto: Boston Celtics)

Jaylen Brown memblok tembakan Andrew Nembhard (kiri) dan bergembira saat menerima trofi Larry Bird sebagai MVP Wilayah Timur. (Foto: Boston Celtics)

Ligaolahraga.com -

Berkat aksi heroik di menit-menit akhir dari Jaylen Brown, Boston Celtics berhasil melaju ke Final NBA untuk kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir.

Jaylen Brown, yang mengakhiri pertandingan dengan 29 poin, melakukan blok terhadap Andrew Nembhard dan kemudian mengumpan kepada Derrick White yang melesakkan tembakan tiga angka penentu kemenangan di menit-menit akhir -- tembakan yang memberikan keunggulan pertama bagi Boston sejak awal paruh kedua.

Tembakan tersebut menjadi pembeda dalam kemenangan 105-102 Celtics atas Indiana Pacers pada Game 4 final Wilayah Timur pada Senin (27/5), saat Boston Celtics menyapu bersih kemenangan untuk mencapai Final NBA.

Dengan kemenangan ini, Celtics memastikan mereka memiliki waktu libur penuh selama 10 hari untuk beristirahat sebelum dimulainya Final NBA, yang akan dimulai - terlepas dari apapun yang terjadi pada babak final Wilayah Barat, yang dapat berakhir secepatnya pada Selasa (27/5) malam dengan kemenangan Dallas Mavericks - pada tanggal 6 Juni di TD Garden, Boston.

Beberapa menit terakhir yang diwarnai dengan banyak turnover di kedua arah pada akhirnya ditentukan oleh Jaylen Brown yang pertama-tama memblok Nembhard dan kemudian memberi umpan kepada White di pojok lapangan.

Dari sana, Celtics berhasil lolos, saat Nembhard gagal melakukan lemparan tiga angka yang berpotensi menyamakan kedudukan dan, setelah sebuah lemparan tiga angka yang gagal dilakukan oleh Jayson Tatum, Jrue Holiday berhasil merebut bola rebound dan membuat waktu terus berjalan.

Tembakan White itu menutup laju 20-8 dalam beberapa menit terakhir pertandingan.

Setelah berhasil mencapai final Wilayah Timur untuk keenam kalinya dalam delapan musim, Boston menyingkirkan Indiana dengan jumlah pertandingan yang sedikit, melanjutkan perjalanan langka Celtics di babak playoff.

Dan meskipun perjalanan tersebut termasuk menghadapi Miami Heat tanpa Jimmy Butler, Cleveland Cavaliers tanpa Jarrett Allen untuk seluruh seri dan Donovan Mitchell untuk dua pertandingan, dan sekarang Pacers tanpa Tyrese Haliburton untuk dua pertandingan terakhir, Boston masih mencatatkan rekor 12-2 dan meraih beberapa kemenangan telak di sepanjang perjalanannya.

Namun, sesuai dengan bagaimana keseluruhan seri ini berlangsung, Indiana membuat Boston Celtics kesulitan sebisa mungkin. Guard Pacers, Andrew Nembhard, yang mencetak 32 poin dan 9 assist di Game 3, kembali membabi-buta di paruh pertama, menyelesaikan dengan 16 poin dan 5 assist untuk menjaga jarak dengan Celtics saat jeda turun minum.

Dia kemudian membawa Indiana kembali unggul untuk memulai babak kedua dengan memberikan umpan bagus kepada Myles Turner untuk melakukan lemparan tiga angka pada penguasaan bola di kuarter ketiga, sebelum keduanya kembali terkoneksi hubung saat Turner kembali melesakkan tembakan tiga angka satu menit kemudian.

Keunggulan tersebut akhirnya melebar menjadi yang terbesar bagi Indiana dalam pertandingan tersebut, pada 68-62 dengan 8:57 tersisa di kuarter ketiga, ketika mantan pemain Celtic Aaron Nesmith memasukkan tembakan untuk memaksa pelatih Boston Celtics Joe Mazzulla meminta timeout.

Boston tidak akan menyamakan kedudukan lagi hingga penguasaan bola di kuarter keempat, ketika Jaylen Brown memasukkan lemparan tiga angka dari sayap kiri untuk menyamakan kedudukan 83-83 - hanya untuk T.J. McConnell memasukkan tiga lemparan tiga angka berturut-turut untuk membuat Indiana tetap unggul.

Kemudian, pada saat timeout berikutnya setelah rentetan tembakan McConnell, wasit Zach Zarba mengumumkan kepada para penonton di Gainbridge Fieldhouse bahwa tembakan tiga angka pembuka kuarter dari Jaylen Brown dilakukan setelah batas waktu tembakan habis, yang berarti Indiana mendapatkan keunggulan terbesarnya dalam pertandingan ini, yaitu 89-82, dengan 10:13 tersisa.

Dan, beberapa saat kemudian, Nembhard melaju ke arah ring dan memasukkan sebuah layup dan satu angka untuk membawa Indiana memimpin 94-85. Pada perjalanan berikutnya di lapangan, McConnell memotong ke arah ring dengan layup yang terbuka lebar, namun gagal, menjaga keunggulan Indiana di angka 9 dan bukannya memperbesarnya menjadi dua digit.

Hal itu diikuti oleh Boston yang melaju 13-6 untuk memangkas keunggulan menjadi 100-98 melalui sebuah layup and-one oleh Holiday dengan kurang dari empat menit tersisa, yang menjadi akhir yang menegangkan dalam seri ini.

Dan, sama seperti tiga pertandingan pertama, Boston-lah yang membuat permainan yang cukup untuk lolos, termasuk permainan krusial Jaylen Brown dan, alhasil, mereka memastikan perjalanan kembali ke Final NBA.

Artikel Tag: Jaylen Brown

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/aksi-heroik-jaylen-brown-berbuah-trofi-mvp-timur-larry-bird
258  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini