Adam Silver: Pemain NBA Terancam Absen di Olimpiade

Penulis: Senja Hanan
Kamis 24 Sep 2020, 17:51 WIB
Komisioner NBA, Adam Silver. (Images: Getty)

Komisioner NBA, Adam Silver. (Images: Getty)

Berita Basket NBA: Adam Silver mengatakan NBA musim baru akan dimulai pada Januari 2021. Jika kompetisi dimulai Januari, maka kalender reguler akan berakhir pada Juni-Juli. Setelah itu fase play-off akan mengambil jadwal pada Agustus-September sementara Olimpiade Tokyo digelar pada 24 Juli–8 Agustus 2021.

"Dan, jelas, ada banyak pemain NBA yang berpartisipasi di olimpiade untuk negara-negara lain. Itu sesuatu yang harus kami atasi," katanya.

Guncangan kalender ini diakibatkan jeda kompetisi sejak Maret silam sebagai dampak pandemi virus corona (COVID-19). NBA baru memulai kembali kompetisi mereka pada 29 Agustus lalu dan saat ini sudah masuk pada fase final play-off wilayah.

“Ada banyak pemain AS yang hebat, dan kami mungkin akan menghadapi skenario di mana 15 pemain top NBA tidak bisa bertanding di olimpiade, tetapi pemain Amerika hebat lainnya bisa bertanding,” kata Adam Silver sebagaimana dipetik dar CNBC.

Tantangan lain yang bakal dihadapi Liga Bola Basket Amerika Serikat itu adalah rencana sejumlah pelatih klub berpartisipasi di ajang yang akan berlangsung di Tokyo itu. Pelatih San Antonio Spurs, Greg Popovich, bakal memimpin Tim Nasional AS didampingi pelatih Golden State Warriors, Steve Kerr, dan pelatih Atalanta Hawks, Lloyd Pierce.

Adapun Pelatih Kepala Asosiasi Golden State Warriors, Mike Brown, akan menangani Nigeria, Pelatih Toronto Raptors, Nick Curse, bakal memimpin Kanada di kualifikasi sementara asistennya, Sergio Scariolo, akan melatih Spanyol.

Sejauh ini, negara yang sudah memastikan tempat di ajang olahraga empat tahunan itu adalah AS, Spanyol, Argentina, Nigeria, Australia, Iran, Prancis, dan tuan rumah Jepang. Negara lain yang memiliki bintang NBA dan masih berharap lolos adalah Yunani (Giannis Antentokounmpo) serta Serbia (Nikola Jovic).

Sejalan dengan status NBA sebagai brand global kompetisi basket, AS adalah tim yang paling ditunggu dengan bintang-bintangnya di olimpiade. Sejak cabang basket pertama kali dipertandingkan di Olimpiade 1936 di Berlin, Jerman, Timnas Basket Putra AS telah memenangi 15 dari total 19 turnamen.

Artikel Tag: Adam Silver, olimpiade

1217  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini