Usia 60 Tahun Tak Menghalangi Gerak Cepat Pelatih Yang Satu Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 10 Jul 2020, 20:00 WIB
Usia 60 Tahun Tak Menghalangi Gerak Cepat Pelatih Yang Satu Ini

Misbun Sidek/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Di usia 60 tahun, banyak pelatih akan melambat tetapi bukan legenda bulu tangkis Datuk Misbun Sidek. Direktur pengembangan junior tim nasional Federasi Badminton Malaysia (BAM) Misbun sebenarnya menjadi kuat dan bahkan beberapa junior dan pelatih di bawah asuhannya sedang berjuang untuk mengikuti kecepatannya.

Baik itu di lapangan atau melalui pelatihan Zoom, Misbun tidak kehilangan sentuhannya, masih gigih dengan rezim pelatihan yang keras dan menuntut tingkat disiplin yang tinggi dari para pemainnya.

“Saya masih berlatih bersama junior. Saya bisa terus berjalan selama tiga jam dengan bimbingan tanpa henti. Saya tidak pernah memandang usia saya sebagai penghalang. Ketika saya di lapangan, saya memberi diri saya di atas,” kata Misbun.

Standar dan komitmen yang sama inilah yang dicari Misbun dari sembilan pelatih dan 70 juniornya di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM).

Misbun, yang mengambil jabatan pada bulan Februari untuk memperkuat program junior, memiliki rencana besar untuk para pemain tetapi salah satu perhatian utamanya adalah untuk memastikan bahwa ia menghasilkan junior berkualitas ke dalam tim senior.

“Di masa lalu, banyak junior yang datang ke tim senior akan mandek. Saya ingin pelatihan menjadi solid dari Form 1 ke Form 5 sehingga transisi dari junior ke senior akan lancar,” kata Misbun.

“Dengan memperkuat area ini, kami tidak perlu khawatir tentang junior mulai dari awal lagi di jajaran senior. Kami telah membuang banyak waktu dan bakat!

“Tidak mudah untuk menempatkan prosesnya dengan benar, tetapi saya percaya, dengan tim pelatih yang tepat, kami dapat membuatnya bekerja."

“Itu tidak akan menjadi pertunjukan satu orang. Saya akan memantau pelatih lain dan mentransfer pengetahuan yang saya miliki kepada mereka. Mereka akan diberi tanggung jawab tetapi jika mereka macet, saya akan melangkah untuk membimbing," tambah Misbun.

Pelatih yunior saat ini adalah Kwan Yoke Meng, Hafiz Hashim, Poh Chai Boon, Pang Cheh Chang, Lufti Zaim, Alvin Chew, Hazwan Jamaluddin, Amelia Anscelly dan Zhang Hongyu.

Misbun juga meyakinkan bahwa setiap pemain akan mendapatkan perhatiannya dan dia tidak hanya akan fokus pada grup tingkat atas yang sedang mempersiapkan kejuaraan junior Asia atau dunia.

“Saya akan fokus pada pemain yang berbeda di waktu yang berbeda tetapi saya akan mengawasi semua orang. Jika tim U-15 bersiap-siap untuk turnamen besar mereka, saya akan menghabiskan waktu bersama para pemain dan pelatih. Semua orang akan mendapat perhatian yang sama,” katanya.

“Apa yang saya butuhkan dari para pemain adalah rasa hormat dan kepercayaan pada pelatih dan diri mereka sendiri. Ini akan menjadi vitamin untuk sukses," jelas Misbun.

Misbun dikenal karena sentuhan ajaibnya dengan pemain. Pemain-pemain top seperti Lee Chong Wei, Hashim Roslin dan Hafiz Hashim dan bahkan saudara laki-lakinya sendiri, Razif Sidek, Jalani Sidek dan Rashid Sidek, telah melalui bimbingannya.

Pada tahun 2018, ketika ia memimpin Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao sebagai pelatih tunggal putra tim nasional, ada hasil langsung di kancah internasional.

Target Misbun berikutnya adalah menghasilkan pemenang di Kejuaraan Dunia Junior tahun depan di Selandia Baru. Tahun lalu, Malaysia mencapai hasil terburuk mereka ketika tidak ada pemain mereka yang memenangkan medali dari Kejuaraan Dunia Junior di Kazan, Rusia, dan Kejuaraan Asia Junior di Suzhou, China.

“Kami akan mempersiapkan tim saat ini untuk memenangkan medali lagi di Kejuaraan Dunia Junior berikutnya. Kami ingin menambah kualitas di tim junior kami. Jika semuanya berjalan dengan baik, angkatan pertama kami akan melanjutkan pelatihan pada 26 Juli,” katanya.

Dengan tekad Misbun, kepemimpinan dan tiga dekade pengalaman pelatihan yang tak ternilai, Malaysia dapat mengharapkan perubahan di peringkat junior mereka dan ini memang waktu yang mengasyikkan di masa depan.

Artikel Tag: Leon Jun Hao, Misbun Sidek, bam

1939  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini