Ujian Berat Malaysia Melawan Jepang di penyisihan Terakhir Piala Thomas

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 14 Okt 2021, 16:45 WIB
Ujian Berat Malaysia Melawan Jepang di penyisihan Terakhir Piala Thomas

Lee Zii Jia-Kento Momota/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pada hari Selasa, Malaysia melewati ujian pertama mereka di putaran final Piala Thomas dengan gemilang. Tapi hari ini bahaya yang sebenarnya menanti Lee Zii Jia dan kawan-kawan.

Negeri Jiran yang meraih kemenangan 5-0 atas Kanada dalam pertandingan pembuka mereka di Aarhus, Denmark, harus berjuang keras melawan Jepang.

Jika mereka gagal mengalahkan pemain peringkat 1 dunia, Kento Momota dan kolega, itu akan membahayakan peluang untuk melangkah lebih jauh di kompetisi beregu putra paling bergengsi di dunia itu.

Baik Malaysia dan Jepang telah lolos ke perempat final, tetapi keduanya ingin finis di puncak Grup D untuk menghindari tim seperti China atau Indonesia di babak sistem gugur.

Melawan Kanada, kapten Zii Jia memimpin dengan mengalahkan pemain nomor 39 dunia, Brian Yang 21-18 dan 21-13 di tunggal pertama.

Cheam June Wei dan Ng Tze Yong juga tampil impresif di tunghal kedua dan ketiga masing-masing melawan lawan yang berperingkat lebih tinggi, sementara pasangan dadakan, Nur Izzuddin Rumsani/Soh Wooi Yik dan Aaron Chia/Goh Sze Fei juga tampil baik. 

Tapi sementara Kanada bukan penentu, perhatian nyata sejak hari pertama selalu Jepang, dan bagaimana menghadapinya.

Rivalitas Malaysia dengan Jepang semakin memanas sejak para pemain Samurai Biru mengalahkan Malaysia 3-2 di final Piala Thomas 2014.

Juga berkembang menjadi persaingan pribadi adalah pertarungan yang ditunggu-tunggu antara Lee Zii Jia dan Kento Momota.

Di Piala Sudirman baru-baru ini di Finlandia, Zii Jia mengalahkan Momota sekali dan kalah sekali. Namun, Jepang keluar sebagai juara dua kali melawan Malaysia dalam kompetisi beregu dunia.

Zii Jia mengerahkan rekan-rekan setimnya, terutama sesama pemain tunggal putra, untuk bangkit pada kesempatan itu.

"Saya pikir June Wei dan Tze Yong sama-sama melakukannya dengan baik mengingat ini adalah penampilan Piala Thomas pertama mereka."

"Tapi meski Kanada pantas dihormati, mereka bukan lawan terkuat, dan ujian sebenarnya selalu ada di Jepang," kata Zii Jia.

"Ini akan menjadi ujian karakter yang sesungguhnya karena single kedua dan ketiga Jepang adalah pemain berperingkat tinggi, dan mereka belum menunjukkan kekuatan penuh mereka, begitu juga Momota."

"Saya mungkin telah mengalahkan Momota baru-baru ini, tetapi saya tidak memikirkan keuntungan psikologis apa pun. Saya fokus pada kondisi saya sendiri, dan saya yakin Momota akan siap bermain," Zii Jia menambahkan. 

Selain Zii Jia, Malaysia akan membutuhkan June Wei dan Tze Yong untuk melakukan bagian mereka masing-masing melawan peringkat 13 dunia, Kanta Tsuneyama dan peringkat 16 dunia, Kenta Nishimoto.

Sebagai alternatif, Malaysia dapat memanggil mantan juara Asia Junior, Leong Jun Hao atau Aidil Sholeh yang berusia 17 tahun, sementara Jepang juga memiliki pemain cadangan peringkat 43 dunia, Koki Watanabe dan peringkat 53 dunia, Kodai Naraoka.

Di ganda pertama, Malaysia akan berhadapan dengan peraih medali perunggu Olimpiade, Aaron/Wooi Yik melawan peringkat 16 dunia Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Ganda kedua akan melihat pertarungan sengit antara peringkat 26 dunia, Sze Fei/Izzuddin dan peringkat 27 dunia, Akira Koga/Taichi Saito.

Artikel Tag: Malaysia, jepang, Piala Thomas 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/ujian-berat-malaysia-melawan-jepang-di-penyisihan-terakhir-piala-thomas
2186  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini