banner babe

Turun Gunung, Lee Chong Wei Akan Latih Juniornya di Akademi

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 11 Sep 2019, 23:30 WIB
Turun Gunung, Lee Chong Wei Akan Latih Juniornya di Akademi

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Peraih tiga medali perak Olimpiade, Lee Chong Wei, telah memutuskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Academy Badminton Malaysia (ABM) untuk membantu Lee Zii Jia dan kawan-kawan menjadi pemain yang lebih stabil di panggung internasional.

"Saya akan menemukan waktu untuk berbagi pengalaman saya dengannya untuk mengembalikannya ke jalur kualifikasi Olimpiade," kata mantan pemain nomor satu dunia, Chong Wei.

Chong Wei mengatakan bahwa dia akan terus mengunjungi para pemain di akademi dengan tujuan membantu para pemain muda.

Dia menambahkan tim nasional saat ini tidak memiliki senior yang bisa membimbing mereka sejak kepergian pasangan ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan pasangan ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yang telah menjadi pemain profesional.

“Saya ingin membantu dalam pengembangan para pemain muda. Butuh tiga hingga empat tahun untuk mengasah mereka dan saya ingin mentransfer pengetahuan saya dan memotivasi Zii Jia dan yang lainnya” katanya.

Kekalahan mengejutkan Zii Jia di babak kedua Taiwan Open 2019 pekan lalu saat kalah dari Shesar Hiren Rhustavito asal Indonesia diyakini karena kelelahan fisik maupun mental.

Pemain berusia 21 tahun itu sebelumnya mencapai babak semifinal di Thailand Open serta perempat final di Kejuaraan Dunia 2019 di Basel bulan lalu.

"Perjuangan Zii Jia adalah normal karena dia telah bermain di banyak turnamen tanpa henti sejak Januari ... tubuh kita tidak bisa mengambil begitu banyak," kata Chong Wei.

“Dia juga lelah secara mental. Saya menghadapi tantangan yang sama karena sulit untuk tetap fokus di setiap turnamen. Dia seharusnya tidak merasa sedih tetapi harus belajar dari kekalahan itu," ungkapnya.

“Saya sudah bicara tentang Zii Jia dengan pelatih Hendrawan. Zii Jia hanya perlu menyegarkan diri dan bersiap-siap untuk China Open minggu depan," Chong Wei menjelaskan.

Chong Wei berharap Zii Jia akan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, tetapi percaya bahwa penerusnya itu memiliki peluang yang lebih baik untuk bisa memenangkan medali di Olimpiade Paris 2024.

“Pada saat itu dia akan menjadi lebih dewasa dan berpengalaman. Dia akan berusia 25 tahun (pada tahun 2024) dan itu harus menjadi waktu yang tepat baginya untuk memuncak. Saya mencapai puncak karir sekitar usia itu juga," katanya.

"Satu tahun ini penting bagi pelatih untuk membimbing Zii Jia tetapi pemain juga harus melakukan yang menjadi bagian dari tanggung jawab," pungkas pemilik gelar 12 kali Malaysia Open itu.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, hendrawan, bam

701  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini