Tiga Alasan Utama Indonesia Mundur Dari Piala Thomas dan Uber 2020

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 12 Sep 2020, 14:00 WIB
Indonesia Mundur Dari Piala Thomas & Uber 2020

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Indonesia telah mengejutkan banyak pihak dengan menarik diri dari kejuaraan Piala Thomas Uber 2020 dan memberikan tiga alasan utama untuk melakukannya.

Indonesia adalah tim terbesar yang mundur dari kejuaraan di Aarhus, Denmark, yang dijadwalkan berlangsung pada 3 hingga 11 Oktober.

Sebelumnya pada hari Jumat (11/9), Korea Selatan juga mundur dari kejuaraan beregu paling bergengsi itu. Mereka yang mundur lebih awal adalah Thailand, Taiwan dan Australia.

Telah diketahui bahwa China dan Jepang juga kemungkinan besar akan mengumumkan penarikan mereka dalam beberapa hari mendatang.

Semua penarikan diatur untuk menempatkan Federasi Badminton Dunia (BWF) di tempat yang sulit untuk membuat keputusan. Tidak yakin apakah mereka akan terus menjadi tuan rumah acara beregu utama dunia, menundanya atau membatalkannya untuk selamanya.

Sekretaris Jenderal Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto membenarkan keputusan mundur itu dalam keterangan pers.

Dia mengatakan alasan pertama adalah karena para pemain. Para pemain khawatir dan takut atas pandemi Covid-19 dan khawatir dengan risiko yang terlibat dalam perjalanan ke Denmark.

Kedua, mereka mengatakan bahwa badan dunia tidak dapat memberi mereka jaminan siapa yang akan bertanggung jawab jika ada anggota mereka yang terkena virus.

Dan yang ketiga, pemimpin Piala Thomas dan Uber masing-masing tidak lagi percaya diri untuk membawa pemainnya ke Denmark.

"Kami akan kirim surat resmi ke BWF. Kami akan mundur," kata Budiharto.

"Jumlah kasus masih tinggi dan menimbulkan keraguan di antara para pemain, mereka merasa tidak aman. Manajemen tentunya sangat memperhatikan keselamatan para pemain," tambahnya.

Dalam sejarahnya, merah putih telah memenangkan Piala Thomas sebanyak 13 kali dan Piala Uber sebanyak tiga kali.

Artikel Tag: Indonesia, Piala Thomas 2020, Piala Uber 2020, PBSI, BWF

928  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini