Thailand Siap Gelar Tiga Turnamen Leg Asia BWF World Tour

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 16 Sep 2020, 22:45 WIB
Thailand Siap Gelar Leg Asia BWF World Tour

Gregoria Mariska Tunjung-Ratchanock Intanon/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Jika semuanya berjalan dengan baik, Thailand bisa menjadi anugrah bagi para penggemar bulu tangkis di seluruh dunia untuk menyaksikan setidaknya satu turnamen kelas atas sebelum tahun yang dilanda Covid-19 berakhir.

Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT) dikatakan telah mengajukan tawaran untuk menggelar tiga leg Asia dari World Tour Federasi Badminton Dunia (BWF), yang terdiri dari dua turnamen open dan satu World Tour Finals di akhir musim, pada bulan November.

Indonesia telah secara terbuka menunjukkan minat mereka tetapi membatalkan rencana mereka awal pekan ini menyusul lonjakan kasus virus corona di negara tersebut.

Thailand adalah kandidat terbaik untuk saat ini mengingat keberhasilan mereka dalam mengendalikan pandemi di negaranya.

Hingga kemarin, Negeri Gajah Putih tercatat 3.480 kasus dengan 58 kematian, menjadikannya negara Asia terbaik keenam dengan tingkat infeksi terendah pada 50 kasus per satu juta penduduk menurut situs statistik Worldometer.

Menurut laporan Thailand, BAT mengambil kesempatan langka untuk membawa tiga turnamen World Tour papan atas ke negara itu dengan BWF berjanji untuk menutupi sebagian dari biaya penyelenggaraan.

Panitia harus menyediakan paling tidak US $ 1 juta (RM4,15 juta) atau berkisar 15 miliar rupiah untuk setiap turnamen open, sementara hadiah untuk World Tour Finals adalah US $ 1,5 juta (RM6,23 juta) atau berkisar 22,5 miliar rupiah.

BAT, di bawah kepemimpinan Patama Leeswadtrakul, yang juga merupakan wakil presiden BWF, yakin dapat menciptakan gelembung yang aman untuk acara ini.

Di antara kontrol ketat dan langkah-langkah pencegahan adalah karantina wajib selama 14 hari pada saat kedatangan, pemeriksaan Covid-19 setiap tiga hari sekali dan mendapatkan hotel yang ditunjuk untuk menampung para pemain dan rombongan mereka.

Hotel-hotel ini juga akan menyediakan tempat latihan dan memiliki akses yang dekat dan mudah ke tempat kompetisi.

Presiden Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) Tan Sri Norza Zakaria, mengungkapkan bahwa mereka kemungkinan besar akan mengirim pebulutangkis mereka untuk turnamen ini jika terwujud.

"Kami didekati oleh negara Asia yang menawarkan untuk menjadi tuan rumah leg Asia ... ada beberapa diskusi yang sedang berlangsung," kata Norza, menolak untuk mengungkapkan negaranya.

“Karena kami tidak akan pergi ke Aarhus, yang terbaik adalah kami menyiapkan para pemain kami untuk kompetisi Asia. Dan itulah alasan mengapa kami melanjutkan Piala Presiden (acara tim internal) meski ada penundaan kejuaraan Piala Thomas dan Uber," ungkapnya.

“Kami ingin menjaga para pemain tetap fit dan tajam sehingga mereka siap untuk kembali beraksi kapan saja," tambah Norza.

Artikel Tag: thailand, World Tour, BWF

452  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini