Tekad Tan Kian Meng Lolos ke Olimpiade Sebagai Pemain Profesional

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 12 Feb 2021, 19:15 WIB
Tekad Tan Kian Meng ke Olimpiade Sebagai Pemain Profesional

Tan Kian Meng/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pebulutangkis spesialis ganda campuran, Tan Kian Meng pergi ke Olimpiade Rio lima tahun lalu sebagai sparring partner, tetapi itu tidak cukup baginya.

Tan Kian Meng ingin tampil di Olimpiade setidaknya sekali dalam karir bulutangkisnya dan itulah mengapa dia mengambil langkah tegas dengan meninggalkan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk mengejar mimpinya bersama Lai Pei Jing.

Mantan pemain tunggal itu ditinggalkan di sebuah keadaan sulit ketika BAM menjatuhkan rekannya Lai Pei Jing pada hari Minggu karena kinerja yang buruk di turnamen beruntun di Thailand bulan lalu tetapi dia tidak melakukannya.

Di bawah BAM, Tan Kian Meng harus memulai dari awal lagi dengan partner baru, tetapi dia dijamin akan mendapatkan pelatihan, fasilitas, dan fasilitas terbaik.

Tan Kian Meng, bagaimanapun, telah memutuskan untuk meninggalkan semua kenyamanan untuk mengikuti Pei Jing, menggarisbawahi kepercayaan dan keyakinannya pada pasangannya. Bersama-sama, Kian Meng berkata, mereka akan bekerja sekuat tenaga untuk mewujudkan impian Olimpiade mereka sebagai pasangan yang mandiri.

“Saya ingat berada di Rio sebagai sparring partner. Saya melihat orang lain dan saya terinspirasi. Saya memutuskan di sana dan kemudian saya akan bermain di panggung itu suatu hari nanti,” kata Kian Meng.

Kian Meng hampir mewujudkan mimpinya tahun ini dan saat ini, dia masih memiliki peluang tipis dengan Pei Jing.

Duo ini berada di peringkat 13 klasemen Road to Tokyo di belakang Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (7) dan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie (11). Suatu negara dapat memiliki dua pasangan jika keduanya berada di peringkat delapan besar.

Dengan waktu yang tidak pasti di depan, apa pun bisa terjadi di klasemen saat kualifikasi dilanjutkan bulan depan dengan Swiss Open 2021.

“Saya telah memutuskan untuk mencoba dan lolos ke Olimpiade dengan Lai Pei Jing dan itu berarti, saya harus meninggalkan BAM,” kata Kian Meng, yang telah bersama Pei Jing selama lima tahun terakhir.

“Ini adalah keputusan yang sulit untuk meninggalkan BAM karena saya telah bersama mereka selama sekitar 13 tahun sejak masa junior saya. Mereka telah memberi saya segalanya dan saya akan selalu berterima kasih kepada mereka," ungkapnya.

“Saya cukup gugup untuk meninggalkan BAM karena saya tahu sulit untuk mencari dana kami sendiri. Saya berharap semua kesulitan hanya akan membuat Pei Jing dan saya lebih kuat dan itu akan mendorong kami untuk lolos ke Olimpiade."

“Jika kami melewatkan tahun ini, kami akan pergi untuk edisi berikutnya di Paris (2024),” kata Kian Meng setinggi 1,85m.

Setelah berbicara dengan pebulutangkis independen lainnya seperti Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Kian Meng berkata: “Kami telah melihat bagaimana mereka melakukannya dan kami cukup terinspirasi."

“Kami telah berbicara dengan mereka dan mereka telah memberi kami beberapa nasihat bagus. Saya yakin, kami juga bisa menjadikannya sebagai pemain profesional," tegasnya.

Artikel Tag: Tan Kian Meng, Lai Pei Jing, olimpiade

580  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini