Tekad Jing Err Buktikan Kemampuan di Purple League Setelah Dipecat BAM

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 28 Des 2020, 01:00 WIB
Tekad Jing Err Buktikan Kemampuan di Purple League Setelah

Gan Jing Err/Foto:Thestar]

Berita Badminton: Gan Jing Err, mantan pebulutangkis junior nasional berharap untuk memulai karir profesionalnya dengan kemenangan. Pemain berusia 19 tahun itu akan keluar untuk memenuhi tagihan teratas dengan mitra Lim Tze Jian dalam kompetisi ganda campuran dari Kompetisi Glove-Purple League Pro-Am perdana, yang dimulai pada hari Selasa di Kompleks Kejiranan Presint 11 Putrajaya.

Jing Err berusaha untuk menghidupkan kembali peruntungannya sebagai pebulutangkis independen setelah dia secara mengejutkan dikeluarkan oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) awal tahun ini.

Dia kehilangan medali perunggu dengan pasangan ganda campuran, Yap Roy King dalam kekalahan perempat final di Kejuaraan Junior Dunia tahun lalu di Kazan, Rusia.

Pasangan ini memenangkan gelar Malaysia Junior Open, mencapai perempat final Kejuaraan Junior Asia di Suzhou, China, dan mencapai semifinal dari beberapa turnamen Open lainnya di Thailand, Indonesia dan India.

“Ini akan menjadi kompetisi pertama saya sejak saya meninggalkan BAM, jadi saya cukup bersemangat,” kata Jing Err, yang merupakan juara nasional U-18 dua tahun lalu.

“Mudah-mudahan, saya akan memulai dengan baik minggu ini. Sejujurnya, saya merasakan tekanan setelah mengetahui bahwa Tze Jian dan saya telah diunggulkan terlebih dahulu. Sebenarnya cukup tidak terduga. Tapi saya akan memberikan yang terbaik,” tambah mahasiswa tahun pertama Infrastructure University Kuala Lumpur ini.

Jing Err mengatakan dia ingin menguji kemitraan pertamanya dengan Tze Jian berusia 20 tahun, mantan pelatihan tim nasional yang sekarang bermain untuk Klub Bulu Tangkis Ampang Jaya (AJBC).

“Saya diundang oleh pelatih kepala AJBC (Ho) Khek Mong untuk bermitra dengan Tze Jian untuk turnamen ini. Ini seharusnya menjadi kemitraan satu kali tetapi siapa tahu, itu memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh,” jelas Jing Err.

“Kami sudah berlatih bersama beberapa kali. Saya pikir kombinasi kami bisa sangat efektif karena dia kidal.”

Jing Err akan menuju turnamen minggu depan dipersenjatai dengan tugas pelatihan lima bulan yang solid dengan pelatih Chew Choon Eng. Mantan pemain internasional Choon Eng menangani sekelompok pebulutangkis independen seperti Chan Peng Soon, Goh Liu Ying, Goh V Shem dan Tan Wee Kiong di pusat pelatihannya di Sri Petaling.

“Saya seharusnya berlatih dengan tim Kementerian Pendidikan Tinggi di bawah pelatih Zakry (Latif, mantan pemain internasional) tetapi programnya belum dimulai. Jadi selama empat hingga lima bulan terakhir, saya bergabung dengan pelatih Choon Eng di pelatihan," katanya.

“Saya mendapat banyak kesempatan untuk bertanding dengan para senior, itu membantu permainan saya untuk tumbuh dan saya tidak sabar untuk melihat hasil dari usaha yang saya lakukan dalam pelatihan.”

Kompetisi ganda campuran dari kejuaraan senilai RM100,000 atau berkisar 340 juta rupiah yang diperebutkan oleh 16 pasangan dalam format babak sistem gugur. Para pemenang akan mendapatkan hadiah utama RM15.000 atau berkisar 51 juta rupiah.

Pasangan unggulan BAM lainnya yang akan memperebutkan gelar juara adalah Wong Tien Ci/Lim Chiew Sien, Tan Kok Xian/Wong Kha Yan dan Arif Abdul Latif/Desiree Siow.

Artikel Tag: Jing Err, Tze Jian, bam

913  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini