Taufik Hidayat Desak Anthony & Jonatan Terus Bekerja Keras Demi Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 02 Des 2020, 19:30 WIB
Taufik Hidayat Desak Anthony Ginting & Jonatan Christie Terus Bekerja Keras Demi Olimpiade

Jonatan Christie-Anthony Ginting/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat menuturkan, dua pemain top Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, harus meningkatkan kualitas psikologis dan performa yang tidak stabil sebelum Olimpiade Tokyo pada Juli tahun depan.

Anthony Ginting dan Jonatan Christie saat ini menjadi andalan tim nasional tunggal putra Indonesia, masing-masing menduduki peringkat 4 dan 7 dalam klasemen kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Meski demikian, secara keseluruhan performa keduanya masih kurang stabilal yang merupakan kebutuhan mendesak untuk diperkuat.

Saat Taufik Hidayat mengomentari kedua juniornya saat diwawancarai oleh Olympic Channel beberapa hari lalu, Ia percaya bahwa mereka berdua adalah pemain yang sangat baik, namun di saat yang sama mereka bermain berbeda. Anthony Ginting tampak lebih komprehensif dan kemampuannya di atas Jonatan Christie, tapi sama-sama bagus.

“Kami perlu melihat apakah performa mereka stabil. Maksud saya, di setiap pertandingan, terkadang jika mereka tampil bagus sekarang, tapi kemudian mereka akan menurun, Anda bisa melihat naik turunnya. Tidak seperti Kento Momota yang selalu bisa menjaga stabilitas, semifinal, final, dan bahkan kejuaraan, yang terburuk hanya 8 besar," kata Taufik.

Meski demikian, Taufik Hidayat juga mengatakan bahwa Anthony Ginting dan Jonatan Christie bukan tanpa peluang, namun mereka harus melipatgandakan upaya dari level fisik, mental dan teknis, lebih fokus dalam permainan, serta mengatasi tekanan besar dari negara dan suporter untuk memenangkan setiap pertandingan.

Taufik Hidayat juga menceritakan bagaimana dia memenangkan medali emas tunggal putra di final Olimpiade Athena 2004, mengalahkan Sun Shengmo dari Korea Selatan dalam dua set langsung 15-8 dan 15-7 .

"Kami perlu memiliki kualitas psikologis yang kuat, karena di bawah tekanan negara dan suporter, Anda harus menjadi yang terbaik. Jika kami merasa berat, kami akan dikalahkan, tetapi jika kami kuat, kami akan mampu bersaing dengan lawan kami," katanya.

"Mungkin seseorang akan berkata bahwa Anda harus menjadi juara. Jika Anda tidak bangkit, Anda tidak akan bermain dengan baik. Kami harus menikmati permainan di lapangan dan itu akan menjadi yang terbaik. Jadi lupakan segalanya, karena sekali dalam 4 tahun, jika Anda ingin menonjol , Kami harus serius berinvestasi di dalamnya dan membuat semua persiapan. Jika kami benar-benar kalah, kami akan menunggu 4 tahun lagi," jelas juara Asian Games Incheon 2004 itu.

Artikel Tag: taufik hidayat, anthony ginting, Jonatan Christie, olimpiade

950  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini