banner babe

Tanpa Lee Chong Wei, Misbun Andalkan Pemain Muda Untuk Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 01 Jun 2019, 16:30 WIB
Tanpa Lee Chong Wei, Misbun Andalkan Pemain Muda Untuk Olimpiade

Cheam June Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pelatih kepala tunggal putra tim nasional Malaysia, Misbun Sidek telah menepikan mantan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei dari rencananya untuk Olimpiade Tokyo tahun depan. Sebagai gantinya, Misbun akan fokus pada para pemain muda seperti Lee Zii jia, Cheam June Wei dan Soong Joo Ven.

"Mari kita semua melupakan Chong Wei untuk saat ini dan mengalihkan perhatian kita untuk membangun anak-anak muda lain dalam skuad," kata Misbun setelah sesi latihan di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara kemarin (31/5).

"Chong Wei harus diberi waktu sebanyak yang dia inginkan sebelum dia memutuskan langkah selanjutnya. Dia adalah legenda dan telah melakukan begitu banyak hal untuk negara ini. Kesehatan paling penting baginya sekarang," ungkapnya.

Chong Wei belum berlatih sejak dia istirahat pada akhir April untuk melakukan perjalanan ke Taiwan dan melakulan konsultasi lanjutan dengan dokter. Sebelum itu, peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu telah berlatih secara teratur selama tiga hari seminggu.

Chong Wei dibebaskan dari penyakit kanker hidung pada bulan November. Dia melanjutkan latihan pada awal Januari dan menghabiskan beberapa minggu pertama di gym untuk melatih kebugarannya.

"Jika dia ingin kembali latihan, kami akan menyambutnya dan melakukan apa pun yang kami bisa untuk membantunya. Tetapi jika dia memutuskan sebaliknya (untuk menggantung raketnya), maka semua orang harus menghormati keputusannya," tambahnya.

Pemain berusia 36 tahun itu masih berharap untuk lolos ke penampilan Olimpiade kelimanya di Tokyo tahun depan, tetapi mimpinya semakin tipis karena ia harus terjun 80 tempat ke posisi 190 dunia dalam daftar peringkat terbaru Federasi Badminton Dunia (BWF).

Terakhir kali Chong Wei berada di luar 100 besar dunia adalah pada Juni 2015. Kemudian, ia turun ke 180 dunia karena tidak aktif bermain setelah hukuman skorsing dari BWF karena kasus pelanggaran doping.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Cheam June Wei, olimpiade tokyo 2020

719  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini