Tan Boon Heong Tekankan Taktik Jitu Kunci Hadapi Tekanan di Turnamen Besar

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 13 Mar 2024, 00:00 WIB
Tan Boon Heong Tekankan Taktik Jitu Jadi Kunci Hadapi Tekanan di Turnamen Besar

Tan Boon Heong/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mantan pemain internasional Tan Boon Heong yakin para pebulutangkis Malaysia memerlukan lebih banyak taktik untuk melaju di turnamen besar.

Tan Boon Heong dan mantan rekannya Koo Kien Keat tetap menjadi pasangan ganda Malaysia terakhir yang meraih mahkota All England yang didambakan 17 tahun lalu.

Sejak itu, Chong Wei memenangkan gelar tunggal putra empat kali sebelum pensiun pada tahun 2019, sementara peringkat 10 dunia saat ini Lee Zii Jia mengangkat trofi perdananya pada tahun 2021.

Namun, pada French Open baru-baru ini di Paris, tidak ada pemain Malaysia yang berhasil melewati perempat final.

Mantan juara dunia ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi pemain Malaysia terakhir yang bertahan di babak delapan besar, akhirnya kalah 21-19, 21-16 dari peringkat 2 dunia Korea Selatan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.

Tan Boon Heong, yang juga meraih emas Asian Games 2006 bersama Kien Keat, tidak yakin bulu tangkis Malaysia berada dalam kondisi terburuknya.

“Secara keseluruhan, saya yakin pertandingan ini menjadi sangat kompetitif, dan level antar pemain saat ini sangat dekat. Namun, saya pikir hal utama yang kurang di antara para pemain nasional kita adalah sedikit keunggulan taktis yang harus mereka jalani,” kata Boon Heong.

“Para pemain kami memiliki bakat, kecepatan, dan keterampilan, namun kami gagal pada tahap krusial. Jika kami bisa memperbaiki hal ini, saya yakin kami juga bisa memenangkan gelar di turnamen besar,” ungkap Boon Heong.

Ketika ditanya apakah pemain seperti dia, Kien Keat, dan Chong Wei telah menetapkan standar yang terlalu tinggi untuk jumlah pemain saat ini, Boon Heong menertawakannya, dengan mengatakan: "Anda harus memiliki target untuk dibidik; itulah motivasi Anda.”

“Anda harus memiliki semangat dan keinginan untuk memecahkan rekor, bukan tertekan olehnya. Menurutku itu bukan masalah sama sekali."

Sedangkan bagi yang berminat menangkap Boon Heong-Kien Keat bisa melakukannya pada 24 Maret di Kejuaraan Bulu Tangkis Aik Cheong 2024 di Kepong.

Mantan pasangan peringkat 1 dunia ini akan berhadapan dengan pemenang turnamen serta bermain dalam pertandingan eksibisi tujuh poin dengan penggemar yang beruntung, yang akan dipilih oleh Boon Heong. Turnamen dan pertandingan eksibisi akan berlangsung di Ace Sports World Kepong.

Artikel Tag: Tan Boon Heong, All England 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/tan-boon-heong-tekankan-taktik-jitu-kunci-hadapi-tekanan-di-turnamen-besar
687  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini