Tak Diizinkan ke Thailand, Herry IP Harap Kevin Sanjaya Fokus Pemulihan Diri

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 05 Jan 2021, 15:45 WIB
Tak Diizinkan ke Thailand, Herry IP Harap Kevin Sanjaya Fokus Pemulihan Diri

Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Pebulutangkis spesialis ganda putra peringkat 1 dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo harus menunda comebacknya ke turnamen kompetitif di Thailand Open pada pekan depan setelah pada pemeriksaan terakhir di Pelatnas dipastikan positif Covid-19.

BWF World Tour Asia telah mencapai beberapa masalah COVID-19 bahkan sebelum kompetisi bisa dimulai.

Kemarin (4/1), ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi yang terakhir mundur dari tiga turnamen di Bangkok.

Menurut Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Kevin Sanjaya, 25 tahun, dinyatakan positif Covid-19 dan harus tinggal di rumah.

Dalam sebuah pernyataan, PBSI mengatakan bahwa Kevin Sanjaya, setengah dari pasangan top, dinyatakan positif pada 31 Desember lalu.

Dia telah diisolasi, sementara tim Indonesia yang beranggotakan 40 orang lainnya mendapatkan hasil negatif pada 2 Januari. Skuad Indonesia tetap melakukan perjalanan ke Bangkok Thailand tetapi tanpa Kevin dan Marcus.

Pasangan ini mengundurkan diri dari dua leg pertama Thailand Open pada 12-17 Januari dan 19-21 Januari serta BWF World Tour Finals pada 27-31 Januari 2021.

"Lebih baik Kevin mengisolasi diri dan fokus pada kesehatannya dulu," kata pelatih kepala ganda putra PP PBSI, Herry Iman Pierngadi.

Infeksi Kevin terjadi setelah tunggal putra nomor 1 dunia asal Jepang, Kento Momota dinyatakan positif Covid-19 pada hari Minggu. Selanjutnya, Momota mengundurkan diri dari leg Asia sementara seluruh tim Jepang juga membatalkan perjalanan mereka ke Thailand.

Kepala pelatih BAM Wong Choong Hann juga terpaksa melewatkan perjalanan ke Bangkok setelah kembali positif Covid-19 pada hari Minggu. Bulan lalu, tim China juga menarik diri dari BWF World Tour dengan alasan pembatasan perjalanan.

Sementara itu, mundurnya Kevin-Marcus membuat rekan senegaranya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, akan menjadi unggulan teratas untuk Thailand Open.

Pasangan nomor 9 dunia,Aaron Chia-Soh Wooi Yik juga mendapat keuntungan dari penarikan Kevin/Marcus serta Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dari Jepang.

Aaron/Wooi Yik diperkirakan akan naik menjadi unggulan kelima sementara peraih medali perak Olimpiade Rio, Goh V Shem/Tan Wee Kiong sekarang menempati unggulan kedelapan.

Artikel Tag: Kevin Sanjaya Sukamuljo, World Tour, Marcus Fernaldi Gideon, Herry IP, thailand

694  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini