Tak Ada Turnamen, Atlet Ini Ingin Ada Kompetisi Internal Setiap Bulan

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 11 Agu 2020, 17:30 WIB
Tak Ada Turnamen, Atlet Ini Ingin Ada Kompetisi Internal Setiap Bulan

Chan Peng Soon-Goh Liu Ying/[Foto:NST]

Berita Badminton : Federasi Badminton Malaysia (BAM) harus mencoba menyelenggarakan turnamen setiap bulan jika kompetisi World Tour tidak dimulai kembali tahun ini. Federasi Badminton Dunia (BWF) belum melanjutkan kompetisi internasional karena pandemi Covid-19.

Menurut pebulutangkis spesialis ganda campuran, Chan Peng Soon, BAM harus menggunakan dana berlebih untuk menyelenggarakan lebih banyak turnamen lokal sehingga para pemain dapat siap untuk memulai periode kualifikasi Olimpiade musim depan.

"Saya tidak melihat alasan mengapa BAM tidak dapat menyelenggarakan turnamen setiap bulan..Sebagai badan nasional, mereka mendapat dukungan dari pemerintah, sumber daya, fasilitas dan keahlian untuk menyelenggarakan lebih banyak turnamen sehingga para pemain tidak kehilangan rasa persaingan itu," kata Peng Soon.

"Karena tidak ada turnamen internasional, BAM dapat menghemat uang, yang akan mereka gunakan untuk mengirim pemain mereka ke luar negeri."

"Saya yakin dengan beberapa perencanaan yang tepat, ini bisa dilakukan," tambah Peng Soon, yang merupakan pasangan peringkat 7 dunia bersama Goh Liu Ying.

Peng Soon/Liu Ying, yang meninggalkan BAM pada 2018, berlatih dua kali seminggu di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara sebagai bagian dari persiapan mereka untuk Olimpiade Tokyo tahun depan.

Peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 itu juga telah diundang oleh BAM untuk bertanding di Invitational Championships yang akan dimulai besok (12/8).

"Saya pikir Kejuaraan Internal adalah inisiatif yang bagus dari BAM. Dan itu juga mengapa saya pikir mereka harus menyelenggarakannya setiap bulan. Saya tidak melihat kompetisi internasional berlanjut dalam waktu dekat. Tahun depan penting, dan kami harus siap berkompetisi," tambahnya.

Menyusul pengumuman BWF baru-baru ini tentang pembatalan turnamen pada bulan September, BAM mengonfirmasi turnamen internal kedua pada bulan depan.

Meskipun memulai sebagai favorit, Peng Soon/Liu Ying akan mendapatkan tantangan kuat dari para pemain BAM yakni, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Shevon Lai untuk perebutan gelar di Kejuaraan Internal BAM.

Artikel Tag: Chan Peng Soon, Goh Liu Ying, bam

441  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini