Sourabh Verma berharap Masuk Skuat India di Asian Games 2018

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 13 Jun 2018, 14:36 WIB
Sourabh Verma berharap Masuk Skuat India di Asian Games 2018

Sourabh Verma/[Foto:Timesofindia]

Berita Badminton : Setelah masuk skuat India di Kejuaraan Asian Games Inchoen Korea Selatan tahun 2014 lalu, pebulutangkis andalan India, Sourabh Verma berharap masih bisa membela India di Asian Games ke-18 yang berlangsung di Jakarta Indonesia pada Agustus mendatang.

Namun tekad Verma kemungkinan akan sulit terwujud. Pasalnya cedera yang terus-menerus telah membuat karir pemain berusia 25 tahun tersebut turun belakangan ini. Ini dimulai dengan cedera siku pada tahun 2015 dan juga masalah pergelangan kaki dan niggles, yang terjadi September lalu yang menghambat performa pemain nomor 71 dunia itu.

Selain itu, India juga mempunyai tunggal putra papan atas dunia, seperti Kidambi Srikanth dan HS Prannoy yang tentu saja akan menjadi pilihan utama pelatih kepala tim nasional India, Pullela Gopichand, karena hanya akan ada dua pemain dari setiap sektor yang akan mewakili negara di Asian Games.

"Secara keseluruhan, tahun lalu bagiku adalah tentang kembali dari cedera. Lalu saya cedera lagi (pergelangan kaki), namun saya sekarang sehat dan berlatih dengan baik, tetapi belum sepenuhnya fit untuk turnamen," kata Verma di sela-sela turnamen bulutangkis senior di India pada Selasa (12/6).

Bermain di babak kualifikasi untuk mendapatkan tempat di babak utama, Verma sukses mengalahkan Neel Shah dua game langsung 15-4 dan 15-7 di babak kualifikasi kedua.

Verma berharap mampu mampu tampil dengan baik di turnamen itu, karena Ia juga berharap mendapat kesempatan untuk tampil di Asian Games 2018. Namun juara Nasional 2011 itu tidak ingin memberikan tekanan pada dirinya sendiri.

"Saya ingin menang di sini dan minggu depan (di Hyderabad) karena pilihan saya adalah bermain di Asian Games, tetapi saya tidak ingin memberikan tekanan pada diri saya, saya hanya ingin bermain di turnamen dan mendapatkan kontinuitas itu dan kembali ke level performa di mana saya bisa bertanding turnamen atas lagi," tegasnya.

Setelah berlaga di Asian Games edisi sebelumnya di Incheon empat tahun lalu, perasaan bermain mewakili negara masih segar dalam pikiran Verma.

"Anda merasa bangga saat mewakili negara Anda dan saya selalu menikmatinya," katanya.

Dengan lebih dari 500 pemain di kategori putra, Verma yang berlatih di Akademi Gopichand, menyadari bahwa tingkat kompetisi di India sangat tinggi.

"Di India, tingkat kompetisinya sangat bagus sekarang. Para pemain muda berjalan dengan baik dan termotivasi oleh (Kidambi) Srikanth, (HS) Prannoy dan lainnya yang berprestasi di kancah internasional. Jadi persaingan datang sampai ke tingkat nasional," tambahnya mengamati.

Sementara itu, pemain lain yang baru saja menjalani operasi pergelangan kaki, RMV Gurusaidutt, melaju ke putaran kedua kualifikasi dengan kemenangan dua game langsung 15-6 dan 15-5 atas Harsh Arora.

Artikel Tag: Sourabh Verma, kidambi srikanth, Asian Games 2018

515