Soniia Cheah Tak Menyerah Kejar Olimpiade Meski Dipecat Oleh BAM

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 10 Feb 2021, 18:30 WIB
Soniia Cheah Tak Menyerah Kejar Tiket Olimpiade

Soniia Cheah/[Foto:NST]

Berita Badminton : Impian Olimpiade belum berakhir untuk pebulutangkis tunggal putri, Soniia Cheah yang diberhentikan dari Federasi Badminton Malaysia (BAM) beberapa waktu lalu.

Pada hari Minggu, Soniia Cheah, bersama dengan empat pemain senior lainnya - Vivian Hoo (ganda putri), Goh Soon Huat, Shevon Lai dan Lai Pei Jing (ganda campuran) dikeluarkan dari skuad tim nasional, menyusul review kinerja oleh BAM.

Meskipun dapat dimengerti untuk berpisah dengan beberapa pemain, keputusan badan nasional itu mengejutkan Soniia, karena ia secara teknis lolos ke Olimpiade Tokyo karena menjadi tunggal putri Malaysia dengan peringkat tertinggi.

Meski begitu, pemain berusia 28 tahun itu menerima kabar tersebut dengan tenang dan berjanji untuk terus memberikan yang terbaik, bahkan sebagai seorang pemain profesional.

"Tentu saja, pil pahit untuk ditelan. Dengan pandemi, waktunya tidak mungkin datang pada saat terburuk," katanya.

"Banyak yang mengatakan bahwa Olimpiade mungkin tidak akan berlangsung tahun ini, tetapi ini belum berakhir bagi saya sampai benar-benar berakhir. Saya masih ingin bermain," ungkap Soniia kepada Timesport kemarin.

Setelah mengalami cedera yang mengancam karier pada 2013, Soniia berjuang keras dan kini berada di peringkat 32 dunia.

Kelima pemain yang keluar akan tetap dan berlatih di Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM) hingga akhir bulan, tapi Soniia, sudah mencari sponsor baru.

"Saya perlu mendapatkan semua bantuan yang saya bisa dapatkan. Perlengkapan, tunjangan, persaingan, dan biaya perjalanan. Ini tidak akan mudah."

"Selain itu, dengan pandemi yang sedang berlangsung, tidak ada yang mau membuang uang begitu saja. Tapi saya belum mau melepaskan bulu tangkis. Saya masih ingin bermain, jadi saya harus berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan sponsor,” tambah Soniia.

Meski belum ada kepastian, namun diketahui bahwa Soniia Cheah akan diizinkan berlaga di Swiss Open (2-7 Maret) dan German Open (9-14 Maret).

Kedua turnamen menawarkan poin kualifikasi Olimpiade yang berharga dan juga akan menandai dimulainya kembali musim 2021.

Artikel Tag: Soniia Cheah, bam, Olimpiade Tokyo 2021

1196  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini