Singkirkan Denmark, India Tantang Indonesia di Final Piala Thomas 2022

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 14 Mei 2022, 14:00 WIB
Singkirkan Denmark, India Tantang Indonesia di Final Piala Thomas 2022

HS Prannoy/[Foto:Times of India]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : HS Prannoy melakukan upaya keras dalam pertandingan kelima yang menentukan saat tim bulu tangkis putra India mencatat sejarah dengan mencapai perebutan gelar di kejuaraan Piala Thomas untuk pertama kalinya dengan kemenangan 3-2 atas Denmark di babak semifinal yang berlangsung di Bangkok.

Tim India, yang tidak pernah lolos ke semifinal setelah 1979, menunjukkan semangat juang yang luar biasa saat bangkit dari ketertinggalan untuk mengecoh juara Piala Thomas 2016.

Sementara peraih medali perak kejuaraan dunia Kidambi Srikanth dan pasangan ganda putra nomor 8 dunia, Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty membuat India tetap dalam perburuan, sekali lagi diserahkan kepada Prannoy untuk membawa pulang tim saat kedudukan terkunci 2-2.

Melawan pemain peringkat 13 dunia Rasmus Gemke, Prannoy mengalami cedera pergelangan kaki setelah terpeleset di lapangan depan saat akan melakukan pengembalian tetapi pemain India itu melanjutkan setelah mengambil timeout medis.

Dia tampak kesakitan dan pergerakannya di lapangan juga terlihat terbatas, tetapi terlepas dari segala rintangan, dia menghasilkan penampilan yang sensasional untuk mengalahkan Gemke 13-21, 21-9 dan 21-12 untuk mengukir nama di buku sejarah.

India sekarang akan menghadapi juara 14 kali Piala Thomas Indonesia, tim tersukses dalam sejarah. Indonesia sebelumnya mengalahkan Jepang 3-2 di babak semifinal.

Itu adalah penampilan yang patut dipuji dari tim India, yang pada hari Kamis telah menghentikan penantian selama 43 tahun dengan mencapai semifinal dengan kemenangan 3-2 atas juara lima kali Malaysia, prestasi yang terakhir dicapai pada 1979.

Akan selalu menjadi tugas berat bagi India untuk menjinakkan Denmark yang tangguh, yang telah menjadi negara Eropa pertama dalam sejarah yang mengamankan gelar pada 2016.

Banyak prestasi yang diraih peraih medali perunggu kejuaraan dunia Lakshya Sen, mengingat kemenangannya baru-baru ini atas Viktor Axelsen di German Open Super 300 tetapi dia tidak bisa meniru penampilannya saat pemain nomor satu dunia itu mencatatkan kemenangan 13-21 dan 13-21 yang nyaman. Denmark unggul 1-0.

Denmark memutuskan untuk membagi pasangan nomor 9 dunia Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen menjadi dua bagian dengan Astrup berpasangan dengan Mathias Christiansen di ganda pertama.

Namun, Rankireddy dan Shetty menunjukkan penampilan yang bagus, menahan ketegangan mereka di tahap akhir untuk mengalahkan Astrup dan Christiansen 21-18, 21-23 dan 22-20 untuk membawa tim menyamakan kedudukan.

Dengan hasil imbang 1-1, peringkat 11 dunia, Srikanth dan peringkat 3 dunia Anders Antonsen terlibat dalam pertarungan supremasi di tunggal kedua dengan yang pertama keluar sebagai pemenang dengan hasil 21-18, 12-21 dan 21-15. membuat tim unggul 2-1.

Kombinasi ganda kedua, Krishna Prasad Garaga dan Vishnuvardhan Goud Panjala, bagaimanapun, bukan tandingan Anders Skaarup Rasmussen dan Frederik Sogaard, kalah 14-21 dan 13-21 saat pertandingan itu untuk sementara menjadi 2-2 setelah partai keempat.

Prannoy yang berpengalaman kemudian kalah di game pembuka, tetapi, yang luar biasa, memimpin 11-1 di game kedua, meski cedera. Dia lebih mengandalkan serangannya untuk mengumpulkan poin bahkan ketika Gemke gagal menciptakan tekanan pada pemain India itu.

Prannoy mendominasi lapangan depan dan segera kembali bertanding dengan Gemke melakukan terlalu banyak kesalahan. Prannoy, peringkat 13, menunjukkan otoritasnya dengan smash khasnya saat pertahanan Gemke berantakan. Pemain India itu unggul 11-4 pada interval dan terus mendominasi jalannya pertandingan.

Dengan Impact Arena yang bergema dengan nyanyian "HSP", Prannoy meraih sembilan match point dengan smash lurus ke bawah dan memastikannya pada kesempatan kedua saat rekan satu timnya berkumpul bersama dalam perayaan final Piala Thomas 2022.

Artikel Tag: India, Denmark, Piala Thomas 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/singkirkan-denmark-india-tantang-indonesia-di-final-piala-thomas-2022
751  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini