Setelah Sea Games, Kunlavut Vitidsarn Incar Emas Olympic & Kejuaraan Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 28 Mei 2022, 16:00 WIB
Setelah Sea Games, Kunlavut Vitidsarn Incar Emas Olympic & Kejuaraan Dunia

Kunlavut Vitidsarn/[Foto:Kunlavut Vitidsarn on Instagram]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Setelah merebut gelar tunggal putra bulu tangkis di SEA Games 2021 di Hanoi, pebulutangkis muda Thailand,  Kunlavut Vitidsarn menatap Viktor Axelsen saat ia mengincar gelar Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA) yang baru saja berakhir memperlihatkan Kunlavut Vitidsarn meninggalkan jejaknya di lapangan bulu tangkis saat ia meninggalkan Hanoi, Vietnam dengan dua medali emas (beregu dan individual).

Pemain berusia 21 tahun itu berperan penting dalam mengamankan emas bagi Thailand di nomor beregu putra, dan kemudian menggandakan perolehannya dengan memenangkan nomor tunggal putra. Apa yang membuat pencapaiannya semakin mengesankan adalah dia mengalahkan juara dunia, Loh Kean Yew dari Singapura di final untuk merebut gelar.

Ini merupakan kemenangan multi-olahraga pertama bagi Thailand yang hingga tahun 2019 masih bisa bermain di sirkuit junior. Vitidsarn berbagi secara eksklusif dengan Olympics.com di Hanoi, betapa berartinya memenangkan gelar-gelar ini baginya.

"Saya sangat senang mendapatkan medali emas dan senang bermain di sini untuk pertama kalinya, terutama karena kami memenangkan nomor individu dan tim, kata Kunlavut Vitidsarn

Tidak ada rasa takut untuk Vitidsarn dalam memainkan nama-nama besar olahraga

Vitidsarn tiba di Vietnam, segar dari memimpin kampanye Piala Thomas Thailand di Bangkok. Meski skuatnya gagal keluar dari babak penyisihan grup, ia memberikan poin pembuka pada kedua kesempatan yang ia bawa ke lapangan, dan bahkan mengalahkan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Anthony Sinisuka Ginting dari Indonesia.

Di SEA Games dia relatif tidak bermasalah, mencapai final tanpa kehilangan satu game pun. Bintang yang sedang naik daun asal Thailand itu tampak tidak terpengaruh dalam pertandingan finalnya melawan juara dunia Loh Kean Yew.

“Sebelum pertandingan saya tidak merasakan tekanan sama sekali. Saya tahu bahwa Loh Kean Yew berperingkat lebih tinggi dari saya, tetapi saya hanya bermain dengan cara yang telah saya persiapkan sebelum pertandingan dan berhasil mendapatkan hasil,” ungkapnya.

Setelah mengalahkan sang juara dunia, peraih medali perak beregu campuran Olimpiade Pemuda Buenos Aires 2018 ini mengakui bahwa ia juga ingin merebut gelar itu.

"Saya akan mencoba yang terbaik untuk mencapai tujuan itu (menjadi juara dunia) dan akan terus belajar dari para pemain top. Mudah-mudahan saya akan sampai di sana suatu hari nanti."

Pemain peringkat 18 dunia itu juga mengincar emas di ajang multi-olahraga terbesar di dunia.

"Olimpiade adalah salah satu impian saya. Saya akan mencoba yang terbaik untuk melakukan segala yang saya bisa untuk mencoba memenangkan emas di Paris 2024,” kata Kunlavut Vitidsarn ke Olympics.com

Keajaiban Thailand yang ingin belajar dari yang terbaik

Dengan mengingat Olimpiade yang akan datang, juara dunia junior tiga kali, yang menyegel gelar pada 2017, 2018, dan 2019 sudah berusaha untuk meniru kualitas juara bertahan Olimpiade Viktor Axelsen.

Dia telah bermain melawan Axelsen untuk tiga gelar World Tour, termasuk Final Tur Dunia 2021, tetapi belum membuka kunci untuk mengalahkan pemain Denmark itu, kalah dalam tiga kesempatan.

Namun melalui waktunya di lapangan dengan juara dunia 2017 dan peraih medali emas Tokyo 2020, dia melihat sekilas kualitas dan sifat salah satu pemain terbaik saat ini di kompetisi.

"Viktor Axelsen adalah contoh yang baik dari determinasi dan fokus. Dia juga sangat tangguh selama pertandingan, jadi dia bisa memainkan semua yang dia rencanakan sebelum pertandingan. Saya sangat mengaguminya,” kata Kunlavut Vitidsarn.

Tahun ini juga melihat Vitidsarn meraih gelar World Tour perdananya ketika ia mengalahkan Lakshya Sen dari India untuk meraih kemenangan di German Open, dan dengan kepercayaan dirinya saat ini pada titik tertinggi sepanjang masa, para penggemar mengharapkan lebih banyak kesuksesan dari pebulutangkis Thailand itu.

Artikel Tag: Kunlavut Vitidsarn, viktor axelsen, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/setelah-sea-games-kunlavut-vitidsarn-incar-emas-olympic-kejuaraan-dunia
760  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini