Sembuh Dari Covid-19, Atlet Badminton ini Siap Kembali Berlatih

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 30 Sep 2020, 23:00 WIB
Sembuh Dari Covid-19, atlet badminton ini Siap Kembali Berlatih

Satwiksairaj Rankireddy-Chirag Shetty/[Foto:Times of India]

Berita Badminton : Pemain spesialis ganda putra peringkat 10 dunia asal India, Satwiksairaj Rankireddy yang positif Covid-19 pada 27 Agustus lalu, telah keluar dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh dan siap kembali berlatih di Akademi Pullela Gopichand pada awal Oktober.

Satwiksairaj Rankireddy adalah satu-satunya atlet badminton top India yang yang didiagnosis dan pulih dari Covid-19. Sebelumnya, pemain spesialis ganda putri, N Sikky Reddy bersama fisioterapisnya, Kiran Challagundla dinyatakan positif Covid-19, namun keduanya dinyatakan negatif dalam test kedua mereka.

Meskipun Satwiksairaj Rankireddy tidak menunjukkan gejala, namun Ia bisa merasakan efek dari virus tersebut.

"Saya mulai merasa lelah dan harus duduk meski hanya berdiri selama 10 menit," kata Satwik.

"Awalnya, saya bahkan tidak bisa melempar. Saya sudah pulih tapi masih ada beberapa kelemahan di lapangan. Saya baik-baik saja tapi tubuhku tidak enak badan. Saya tidak bisa melakukan latihan diluar lapangan baik itu lari maupun angkat beban."

"Saya melakukannya dengan lambat, berjalan-jalan sehingga saya mendapatkan udara segar dan mencoba mendapatkan kekuatan," tambah Satwik.

Proses pemulihan bagi seorang atlet yang sembuh dari Covid-19 berpotensi membuat frustrasi, tidak hanya ada tantangan untuk mendapatkan kembali kebugaran yang hilang setelah detraining yang dipicu oleh ketidakaktifan yang tak terhindarkan terjadi selama sakit, ada juga potensi tubuh mendorong terlalu keras, terlalu cepat yang menyebabkan kambuh pasca virus.

Pada Minggu, India memiliki kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia, lebih sedikit 1 juta kasus dari negara Amerika Serikat yang menempati urutan pertama. India akan melewati 6 juta kasus pada pekan ini setelah Minggu lalu tercatat 88.600 kasus baru dan akumulasi saat ini mencapai 5.992.000 jiwa.

Artikel Tag: Satwiksairaj Rankireddy, Covid-19, India

751  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini