Segrup Dengan Indonesia di Piala Thomas, Ganda Putra Malaysia Bidik Juara Grup

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 05 Agu 2020, 00:00 WIB
Segrup Dengan Indonesia di Piala Thomas, Ganda Putra Malaysia Bidik Juara Grup

Aaron Chia Hsin-Soh Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Tim bulu tangkis Malaysia perlu mendapatkan ambisi untuk pergi ke Piala Thomas dan bertujuan untuk tidak kurang dari penampilan di atas rata-rata.

Malaysia adalah juara lima kali Piala Thomas, tetapi sejak 1992, harus menghadapi sedikit kesulitan untuk melewati tahap awal setelah ditarik di Grup A bersama dengan juara 13 kali, Indonesia dan dua tim Eropa, Belanda dan Inggris. Dua tim teratas akan maju ke babak perempat final.

Pemain spesialis ganda putra tim nasional, Aaron Chia, bagaimanapun percaya Malaysia harus membidik lebih tinggi di kejuaraan di Aarhus, Denmark mulai 3-11 Oktober, meskipun kemungkinan akan sangat sulit bagi mereka kala melawan unggulan teratas Indonesia.

Aaron tahu persis seberapa besar dampak Indonesia bagi tim, terutama karena menjadi bagian dari kekalahan dalam tiga pertemuan terakhir sejak 2018.

Setelah dikalahkan di perempat final kejuaraan terakhir di Bangkok dua tahun lalu, Malaysia kalah dua kali lagi, menerima posisi kedua di ajang SEA Games Filipina tahun lalu dan Kejuaraan Beregu Asia, juga di Manila, pada bulan Februari .

Indonesia memang akan menjadi tim yang harus dikalahkan. Mereka membanggakan tim bertabur bintang yang mencakup tiga pasangan ganda putra di posisi enam teratas dunia, yakni peringkat 1 dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, peringkat 2 dunia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan peringkat 6 dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Daftar tunggal putra mereka sama tangguhnya dengan pemain seperti Anthony Sinisuka Ginting (6 dunia), Jonatan Christie (7 dunia) dan Shesar Hiren Rhustavito (18 dunia).

Perlu juga dicatat bahwa Indonesia sangat ingin merebut kembali Piala yang gagal dibawa pulang sejak tahun 2002.

"Di atas kertas, saya pikir kami terlihat bagus untuk delapan besar," kata Aaron, yang melakukan debut di Bangkok, dikutip dari The Star. “Tapi saya masih berpikir kami memiliki peluang berjuang untuk finis sebagai juara grup, dan kami harus berjuang untuk itu."

“Saya bermain di tiga pertemuan terakhir melawan mereka, dan di masing-masing dan setiap pertemuan, kami memberi mereka pertarungan yang bagus. Kami kalah 1-3. Segala sesuatu bisa berjalan baik jika pertandingan imbang 2-2," ungkapnya.

“Secara pribadi, target saya adalah membantu tim mencapai final, dan jika kami berhasil, maka cobalah untuk membawa pulang Piala. Untuk menjadi juara, kami harus mengalahkan setiap lawan dan itulah sebabnya saya merasa mengalahkan Indonesia di babak grup akan sangat penting bagi kepercayaan tim menjelang babak sistem gugur," Aaron menambahkan.

Dalam undian yang dilakukan kemarin, juara bertahan China berada di Grup B sementara Denmark dan Jepang, pemenang edisi 2016 dan 2014, masing-masing memimpin Grup C dan Grup D.

Semua mata, bagaimanapun, akan berada di Grup D yang dianggap sebagai Grup Neraka, karena selain Jepang ada Korea Selatan dan Thailand.

Artikel Tag: Piala Thomas 2020, Piala Uber 2020, Malaysia, Indonesia, jepang

957  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini