SEA Games 2019: Beregu Putra Menyerah dari Indonesia, Malaysia Incar Turnamen Individual

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 28 Nov 2019, 20:30 WIB
SEA Games 2019: Beregu Putra Menyerah dari Indonesia, Malaysia Incar Turnamen Individual

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Tim Malaysia mendapat pukulan telak dalam perburuan medali emas beregu putra di Sea Games 2019 ketika Indonesia memasukkan pemain peringkat 8 dunia, Anthony Sinisuka Ginting dalam daftar skuad mereka.

Dengan Anthony Ginting dan juara Asian Games 2018 yang juga pemain peringkat 6 dunia, Jonatan Christie, bergabung dengan tim SEA Games Indonesia, tim Malaysia yang akan dipimpin oleh pemain peringkat 12 dunia, Lee Zii Jia, harus melupakan untuk bisa merebut emas dari sang juara bertahan.

Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memasukkan Anthony Ginting karena mereka melihat Malaysia sebagai ancaman dengan kekuatan ganda mereka (Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi).

Cabang bulu tangkis akan diadakan di Kompleks Olahraga Muntinlupa di Manila pada 1-9 Desember, dengan Indonesia dan Malaysia akan bertarung memperebutkan medali emas beregu putra.

Namun kabar baik bagi Malaysia, PBSI telah mengonfirmasi bahwa Anthony dan Jonatan tidak akan bersaing di turnamen individual. Sebaliknya, mereka akan fokus pada kejuaraan yang lebih bergengsi di BWF World Tour Finals akhir musim di Guangzhou pada 11-15 Desember mendatang.

Jadi, keputusan PBSI untuk menurunkan Shesar Hiren Rustavito dan Firman Abdul Kholik di turnamen individual bisa menjadi berkah tersembunyi bagi tim Malaysia.

“Indonesia sudah menjadi favorit untuk perebutan emas beregu putra meskipun tanpa Anthony. Sekarang dengan kehadirannya, mereka akan menjadi lebih kuat, tetapi itu tidak akan benar-benar membuat perbedaan bagi kami,” kata pelatih kepala BAM, Wong Choong Hann.

"Namun, ketidakhadiran Jonatan di tunggal telah membuat kompetisi terbuka lebar dan para pemain kami harus mengambil kesempatan itu," ungkapnya.

Dengan Jonatan dan Anthony absen di turnamen individual, Zii Jia memiliki peluang bagus untuk meniru prestasi Chong Wei Feng, yang meraih emas tunggal putra bagi Malaysia di SEA Games Singapura 2015.

Malaysia menargetkan satu emas kali ini melalui ganda putra, Aaron/Wooi Yik. Dua tahun lalu, Malaysia memenangkan satu emas dua tahun lalu di nomor tunggal putri atas Goh Jin Wei, namun sang pemain tidak masuk skuad kali ini setelah menjalani operasi untuk penyakit perut bulan lalu.

Artikel Tag: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Lee Zii Jia, Sea Games 2019

68514  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini