Rionny Mainaky Harap Pemain Indonesia Tiru Mental Pantang Menyerah Jepang

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 09 Jan 2021, 17:45 WIB
Rionny Mainaky Harap Pemain Indonesia Tiru Mental Pantang Menyerah Jepang

Rionny Mainaky-Eng Hian/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Rionny Mainaky, Ketua Bidang Pengembangan dan Prestasi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), yang sudah lama melatih di Jepang pada tahun 2009 hingga 2019 sebagai pelatih klub Unisys dan memimpin sektor ganda untuk tim nasional, melihat kesuksesan para atlet Jepang berasal dari tingkat disiplin.

Rionny Mainaky mengatakan bahwa pemain para pemain Negeri Sakura lebih disiplin dibandingkan dengan pemain Indonesia. Secara khusus, mental "pantang menyerah" telah ditanamkan dalam semangat anak-anak sejak mereka duduk di taman kanak-kanak .

"Selama kompetisi atlet Jepang tidak pernah panik, sedangkan atlet kita seringkali tidak sabar, suka atau tidak, kami harus melatih kesabaran ini, ” kata Rionny .

"Tidak takut berkomentar dengan pelatih atau rekan satu tim. Hal-hal ini memotivasi mereka untuk berbuat lebih baik lagi," ungkapnya.

Rionny Mainaky juga menilai media memainkan peran penting dalam mendorong pemain untuk berkembang, dengan mengatakan bahwa di Jepang, dalam hal pertelevisian akan menyajikan berita, akan memilih gambar atau bidikan yang menunjukkan kualitas atlet untuk mendorong para pemain mereka dapat meningkat lebih jauh.

"Selain gambar yang bagus adalah hal yang menyemangati mereka juga mengambil foto terbaik. Seperti memenangkan kejuaraan semuanya berdampak pada meningkatnya semangat berlatih dan bertanding,” jelas pelatih yang secara resmi menjabat Kabid Binpres sejak 1 Januari 2021 lalu menggantikan legenda bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti yang habis masa pengabdiannya di Pelatnas Cipayung .

Rionny sebelumnya menjabat sebagai pelatih kepala tunggal putri PP PBSI sejak awal tahun lalu. Dengan menjadi Binpres, tugas Rionny tentunya akan lebih berat yakni membawa Kevin cs mempertahankan tradisi medali emas di Olimpiade Tokyo pada Juli mendatang. 

Artikel Tag: Rionny Mainaky, jepang, Indonesia

578  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini