Rangking Lee Chong Wei Turun Drastis, BAM Ajukan Perlindungan Peringkat Ke BWF

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 08 Jan 2019, 20:02 WIB
Rangking Lee Chong Wei Turun Drastis, BAM Ajukan Perlindungan Peringkat Ke BWF

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Peringkat bintang bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, turun drastis setelah enam bulan absen dari turnamen. Pemain berusia 36 tahun yang didiagnosis menderita kanker hidung pada Juli 2018 lalu itu merosot 26 peringkat ke posisi 28 dunia pada akhir Desember 2018 lalu. Namun BAM langsung mengajukan perlindungan peringkat kepada BAM agar Chong Wei bisa tampil di turnamen level atas dunia.

Chong Wei berada di peringkat 2 dunia setelah mencapai babak semifinal di turnamen Indonesia Open 2018 World Tour Super 1000 yang merupakan pertandingan terakhirnya. Posisi Chong Wei diatur untuk tidak turun lebih jauh karena dia baru akan tampil di turnamen kompetitif setidaknya tiga bulan lagi. Ada banyak kekhawatiran jika dia langsung terjun ke turnamen World Tour level atas jika dia terlempar dari peringkat 32 besar dunia.

Namun, Federasi Badminton Malaysia (BAM) telah mengajukan permohonan perlindungan peringkat untuk Chong Wei dari Agustus lalu. Chong Wei memiliki peringkat terlindungi di posisi 3 dunia dan dengan demikian masih memiliki akses ke semua turnamen papan atas World Tour terlepas dari bagaimana peringkatnya turun.

"Setelah kembali ke kompetisi, Chong Wei dapat masuk ke salah satu turnamen World Tour hingga enam bulan ke depan," kata sekretaris BAM, Ng Chin Chai.

“Dia berada di peringkat 3 dunia dengan 77.383 poin ketika kami mengajukan perlindungan peringkat pada Agustus tahun lalu," ungkapnya.

“Meskipun itu akan membawanya ke turnamen level atas, namun poin penambahan turnamen tetap akan mengacu pada peringkatnya saat ini. Namun, itu tentu cukup baik bagi Chong Wei untuk bisa tampil di undian utama," Chin Chai menambahkan.

Pengecualian perlindungan peringkat jelas merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan Chong Wei karena ia sedang mempersiapkan diri untuk kembali ke puncak permainannya.

Chong Wei yang telah menetapkan tujuan untuk penampilan kelimanya di Olimpiade Tokyo 2020, kembali mengikuti sesi latihan pertamanya di Akademi Badminton Malaysia (ABM) pada Senin (7/1).

Artikel Tag: lee chong wei, bam, BWF

1342