Raih Emas SEA Games, Kisona Siap Tampil di Turnamen Besar

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 20 Des 2019, 19:30 WIB
Raih Emas SEA Games, Kisona Siap Tampil di Turnamen Besar

Kisona Selvaduray/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Kisona Selvaduray hampir tidak pernah terdengar sebelum kemenangannya yang sensasional di kejuaraan dua tahunan Sea Games Filipina beberapa waktu lalu.

Pemain berusia 21 tahun itu adalah salah satu pemain dengan peringkat terendah di posisi 104 dunia nomor tunggal putri, tetapi ia bangkit untuk bisa memenangkan medali emas di Manila.

Kemenangan membuktikan bahwa pemain kelahiran Negri Sembilan itu memiliki potensi untuk menjadi pemain top dunia jika dibimbing dengan baik dan diekspos sesuai kemampuannya.

Kisona hampir tidak bermain di turnamen level atas karena peringkatnya yang terlalu rendah. Namun, dia telah menunjukan peningkatan dalam dua tahun terakhir.

Pelatih tunggal putri tim nasional, Tey Seu Bock senang dengan kemajuan Kisona karena sekarang ia dapat mengandalkan tiga pemain, termasuk dua kali juara dunia junior, Goh Jin Wei dan Soniia Cheah, untuk tampil di turnamen internasional. Seu Bock mengungkapkan bahwa dia sudah memiliki rencana jangka panjang untuk Kisona.

“Banyak orang berpikir bahwa saya mengabaikan pemain seperti Kisona, tetapi itu tidak benar. Sebenarnya, Kisona sudah menjadi bagian dari skuad proyek Olimpiade saya, bersama dengan Jin Wei dan Soniia," kata Seu Bock.

"Apa yang ingin saya katakan adalah Kisona adalah pemain yang bagus, tidak diragukan lagi. Namun, dia masih kurang konsisten. Saya berbicara dengan Kisona setelah dia memenangkan Hellas Open pada bulan Agustus dan Sydney International Series pada bulan September. Dia sangat menyadari kemampuannya," tambah Seu Bock.

Dia menambahkan bahwa tantangan utamanya untuk musim mendatang adalah merencanakan turnamen untuk musim depan. Dengan Jin Wei diharapkan untuk kembali ke turnamen kompetitif pada bulan Februari setelah operasi kolektomi, Seu Bock harus memutar otak tentang bagaimana cara meningkatkan peringkat pemainnya.

"Ketika peringkat kamu rendah, kamu tidak bisa bermain di turnamen level atas, begitulah," katanya.

"Jadi, untuk pemain seperti Kisona, yang memenangkan Sea Games, dan Jin Wei, yang peringkatnya turun ke posisi 53, mereka tidak bisa didaftarkan untuk turnamen yang lebih besar."

“Saya akan mengadakan diskusi dengan BA dan Komite Pelatihan Malaysia (C&T) untuk melihat apa yang bisa kita lakukan untuk para pemain ini," jelas Seu Bock.

Artikel Tag: Kisona Selvaduray, Goh Jin Wei, Soniia Cheah

1451  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini