Pullela Gopichand Raih Coaches Lifetime Achievement Awards 2019

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 09 Feb 2020, 23:59 WIB
Pullela Gopichand Raih Coaches Lifetime Achievement Awards 2019

Pullela Gopichand/[Foto:Times of India]

Berita Badminton: Pelatih kepala Federasi Badminton India (BAI), Pullela Gopichand meraih pencapaian prestisius yakni penghargaan terhormat dari Komite Olimpiade Internasional di malam penghargaan Lifetime Achievement Awards 2019.

Berbicara setelah penghargaan diumumkan ke publik, Gopichand mengatakan bahwa hasil kerja kerasnya kini diakui. Gopichand menerima penghargaan tersebut untuk kategori pria dan merupakan pelatih pertama asal India yang menerima kehormatan ini. 

"Panel ini mengakui upayanya (Gopichand) dalam pengembangan bulu tangkis India. Upayanya dalam mendukung atlet di seluruh olahraga dan kontribusinya dalam gerakan Olimpiade," kata IOC dalam sebuah pernyataan.

"Saya senang dengan pengakuan ini, yang saya lihat sebagai pengakuan untuk semua pelatih India. Saya berterima kasih untuk Pemerintah India, Kementerian Olahraga, Federasi Badminton India, dan Asosiasi Olimpiade India. Saya harap ini dapat mendorong para pelatih kami untuk melakukannya lebih baik lagi. Saya juga yakin pengakuan internasional ini akan memotivasi saya untuk berbuat lebih baik," ungkap Gopichand.

Gopichand, yang pernah memenangkan gelar kejuaraan All England 2001, memang identik dengan olahraga bulu tangkis di India. Pelatih berusia 46 itu juga berperan besar dalam mengangkat karier para pemain top India seperti Saina Nehwal, Kidambi Srikanth, PV Sindhu, Sai Praneeth, Parupalli Kashyap dan lain sebagainya. Saina dan Sindhu kemudian memenangkan medali Olimpiade bagi negara itu.

Prestasi ini adalah bukti dari kecakapan pembinaan Gopichand yang diakui dunia. Sebagai seorang pelatih, pekerjaannya di balik layar berperan besar menempatkan India dengan kuat di pentas bulu tangkis dunia.

Artikel Tag: Pullela Gopichand, PV Sindhu, saina nehwal, kidambi srikanth

410  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini