Pullela Gopichand: Jangan Terlalu Fokus Kualifikasi Olimpiade, Tapi Proses

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 18 Jan 2024, 10:45 WIB
Pullela Gopichand: Jangan Terlalu Fokus Kualifikasi Olimpiade, Tapi Proses

Sai Praneeth-Gopichand-PV Sindhu/[Foto:Times of India]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kepala pelatih bulutangkis nasional India, Pullela Gopichand pada hari Selasa memberikan nasihat kepada para pemain India, mendesak mereka untuk tidak terlalu terpaku pada kualifikasi Olimpiade Paris.

Pullela Gopichand menekankan pentingnya fokus pada proses dan menghindari tekanan yang tidak perlu karena tempat kualifikasi Olimpiade akan ditentukan pada 28 April.

Peringkat kualifikasi akan dirilis pada tanggal tersebut, dengan pemain tunggal yang masuk dalam 16 besar akan mengamankan tempat di Olimpiade.

Panduan Pullela Gopichand mendorong pemain untuk berkonsentrasi pada kinerja mereka dan tidak terbebani dengan hasilnya, menumbuhkan pola pikir yang memprioritaskan perjalanan daripada hasil akhir.

"Saya pikir perjalanan Olimpiade masih panjang. Masih ada sekitar delapan turnamen yang harus dimainkan. Saya rasa tidak tepat untuk melanjutkannya sebagai pemain setelah itu," kata Gopichand kepada wartawan.

“Saya pikir terlalu banyak tekanan yang tidak perlu untuk mulai memikirkan perlombaan menuju Paris sebagai peran utama. Saya pikir penting untuk tetap berpegang pada proses, saya pikir poin, peringkat, dan kualifikasi akan berjalan dengan sendirinya. Saya ingin para pemain melihatnya seperti itu,” ungkapnya.

"Karena semua orang menanyakan pertanyaan yang sama. Semua orang mengatakan yang terbesar adalah Paris. Saya pikir jika Anda melakukan hal yang benar setiap hari, Paris akan datang dan kita tidak akan mendapat masalah."

Pasangan ganda putra Satwiksairaj Rankiredddy dan Chirag Shetty, serta pemain tunggal Prannoy, saat ini berada dalam posisi yang menguntungkan untuk mengamankan tempat di Olimpiade Paris. Selain itu, Lakshya Sen dan Kidambi Srikanth bersaing memperebutkan tempat kedua di tunggal putra, menambah skenario persaingan.

Di bulutangkis putri, PV Sindhu, peraih medali ganda Olimpiade, kembali dari cedera. Sementara itu, pasangan ganda putri, termasuk Treesa Jolly/Gayatri Gopichand dan Ashwini Ponnappa/Tanisha Crasto, sedang berjuang untuk mengamankan tempat di peringkat 16 besar pada bulan April untuk kualifikasi Olimpiade.

Persaingan di kontingen bulu tangkis India semakin ketat seiring upaya para pemain untuk memenuhi kriteria untuk berpartisipasi di Olimpiade bergengsi Paris.

“Sebagai seorang pelatih, penting bagi Anda untuk terus mendorong para pemain, dan Anda berharap lebih dari para pemain,” lanjut Pullela Gopichand.

“Kami menjalani tahun yang luar biasa, kami meraih beberapa kemenangan yang sangat bagus di ajang-ajang penting, baik itu Kejuaraan Dunia, Asian Games, saya pikir kami melakukannya dengan baik di sana.

“Tahun ini yang terbesar adalah Olimpiade dan mudah-mudahan kami bisa mendapatkan kontingen besar di sana dan memenangkan beberapa medali bagus.”

Prannoy menjalani musim yang luar biasa, ditandai dengan pencapaian signifikan di bidang bulu tangkis. Prestasinya yang menonjol termasuk memenangkan medali perunggu perdananya di Kejuaraan Dunia dan Asian Games.

Prannoy juga meraih gelar bersejarah Super 500 di Malaysia Masters, menunjukkan kehebatannya di panggung internasional.

Dalam pertandingan beregu, Prannoy memainkan peran penting dalam kesuksesan India, berkontribusi pada kemenangan di Piala Thomas dan meraih medali perak di pertandingan beregu Commonwealth Games dan Asian Games.

Penampilannya yang konsisten dan berdampak tidak hanya membawa kesuksesan pribadi tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan India dalam kompetisi beregu, memperkuat statusnya sebagai pemain kunci dalam bulu tangkis India.

“Dia selalu menjadi seseorang yang berkepala dingin dan realistis,” kata Gopichand.

"Ya, dia sangat disayangkan. Dia memiliki masalah kesehatan yang terkadang kambuh, dan dia harus berjuang. Dia telah memahami tubuhnya dengan lebih baik selama bertahun-tahun dan itu sangat bagus.”

“Dia selalu berada di sana dengan satu atau dua penampilan. Dia berkontribusi cukup besar baik itu Kejuaraan Bulu Tangkis Asia, Piala Thomas, atau Asian Games. Jadi saya ikut senang untuknya dan saya pikir dia bisa mengalahkan siapa pun. Ini sangat mengesankan. Dia adalah pahlawan sejati di hati saya. Saya bangga padanya. Dan saya pikir dia seharusnya bisa mengklaim lebih dari itu."

Artikel Tag: Pullela Gopichand, HS Prannoy, PV Sindhu, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pullela-gopichand-jangan-terlalu-fokus-kualifikasi-olimpiade-tapi-proses
560  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini