Prioritaskan Kesehatan, Lee Chong Wei Putuskan Gantung Raket

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 14 Jun 2019, 12:30 WIB
Prioritaskan Kesehatan, Lee Chong Wei Putuskan Gantung Raket

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Bintang besar Malaysia, Lee Chong Wei memutuskan mengakhiri karir 19 tahun yang gemilang ketika ia mengumumkan pengunduran dirinya dari bulu tangkis internasional pada Kamis (13/6).

Chong Wei yang emosional, mengatakan bahwa mimpinya bermain Olimpiade Tokyo pada 2020 tidak terealisasi karena ia disarankan oleh dokternya untuk menghindari latihan intensitas tinggi. Chong Wei didiagnosis menderita kanker hidung tahun lalu dan telah menjalani perawatan.

"Ini keputusan yang sangat sulit. Saya mengambil keputusan ini setelah pemeriksaan kesehatan terakhir saya. Saya membicarakannya dengan istri saya dan dengan dokter hingga memutuskan untuk mengumumkannya setelah Hari Raya. Bulu tangkis adalah hidupku. Sekarang kesehatan saya adalah prioritas," kata Chong Wei.

“Dokter meminta saya mengurangi intensitas latihan. Setelah perawatan saya tahun lalu, dia memberi tahu saya ada banyak tekanan di bahu saya, dan meminta saya untuk beristirahat. Saya tahu apa yang dia maksud. Saya kembali ke lapangan selama enam bulan, tetapi dokter saya memanggil pelatih saya dan mendorong saya untuk beristirahat,” ungkapnya.

Sering berhenti untuk mengusap matanya yang berlinangan air mata, Chong Wei mengucapkan terima kasih kepada pelatihnya Misbun Sidek, Hendrawan, Tey Seu Bock, staf fisik dan pendukungnya, dan Federasi Badminton Malaysia serta lembaga nasional lainnya yang berperan dalam karirnya.

Chong Wei akan dikenang sebagai salah satu pemain paling sukses sepanjang masa. Rekor gemerlapnya meliputi tiga medali perak Olimpiade, tiga medali perak Kejuaraan Dunia, 47 gelar Super Series/World Tour, dua medali Kejuaraan Asia, dan empat gelar All England, di samping sederetan gelar turnamen utama lainnya.

Dia juga pelopor Malaysia dalam kompetisi beregu, menginspirasi mereka ke final Piala Thomas pada 2014 dan dua kejuaraan beregu Persemakmuran Commonwealth Games.

"Saya tidak bisa mengatakan saya menyesali keputusan ini, karena kesehatan saya penting. Saya membutuhkan waktu satu bulan untuk memutuskan. Target saya adalah bermain Tokyo 2020."

"Saya menyesal 100 persen bahwa saya tidak bisa memenangkan emas (di Olimpiade dan Kejuaraan Dunia). Sekarang saya tidak bisa mencapai Olimpiade 2020, namun saya berharap pemain Malaysia lain bisa dan saya akan membantu untuk itu," tegas Chong Wei dengan yakin.

Artikel Tag: lee chong wei, Misbun Sidek, Pensiun

488  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini