banner babe

Preview Ganda Putra di Piala Sudirman 2019

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 06 Mei 2019, 16:00 WIB
Preview Ganda Putra di Piala Sudirman 2019

Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Kegagalan pasangan peringkat 1 dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di final Kejuaraan Asia 2019 lalu mungkin menyebabkan sedikit goyah peluang Indonesia di Piala Sudirman 2019.

Sudah 30 tahun sejak Indonesia memenangkan Piala Sudirman edisi pertama pada tahun 1989 lalu yang berlangsung di Jakarta. Indonesia dihadapkan pada kinerja yang kuat mengingat kekuatan mereka dalam berbagai sektor. Tetapi mereka tahu bahwa keberhasilan di sektor ganda putra akan sangat penting.

Kevin/Marcus telah menjadi pemain paling konsisten selama dua tahun terakhir, tetapi musim ini merupakan cerita yang berbeda. Minion, yang memenangkan gelar beruntun di Malaysia Masters dan Indonesia Masters 2019 pada Januari, tersingkir di babak pertama All England, kemudian menderita kekalahan di perempat final Malaysia Open dan semifinal di Singapore Open. Mereka tampaknya bangkit setelah lolos ke final di Wuhan, namun kekalahan mudah atas Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe asal Jepang membuat tim Indonesia sedikit waspada.

Indonesia berada di Grup 1B, yang mungkin juga akan mengandalkan pasangan muda Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang merupakan semifinalis All England dan juara Swiss Open 2019. Mereka mengalahkan rekan senegaranya Kevin/Marcus dalam perjalanannya ke semifinal Malaysia Open, dan telah tumbuh sebagai pasangan yang kuat dan dapat diandalkan.

Untuk Jepang, tergabung di Grup 1A bersama Thailand dan Rusia, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda memiliki musim yang luar biasa dalam kemenangan di Singapore Open 2019. Konsistensi mereka menonjol, karena mereka mampu melangkah ke tiga final dalam empat turnamen, dan semifinal di All England dan Kejuaraan Asia. Jepang juga senang dengan peningkatan performa Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, yang memenangkan Kejuaraan Asia dua pekan lalu dan German Open 2019 awal tahun ini.

China yang tergabung di Grup 1D memiliki sejumlah pasangan ganda putra papan atas, tetapi yang akan memimpin adalah Li Junhui/Liu Yuchen. Pasangan nomor tiga dunia itu memiliki kemampuan untuk mencapai puncak di turnamen besar, seperti yang mereka buktikan di Piala Thomas, Kejuaraan Dunia dan BWF World Tour Finals tahun lalu.

Mereka belum memiliki awal yang baik untuk tahun ini, dengan tersingkir di babak pertama di All England, dan kalah di perempat final di Indonesia Masters dan BAC, tetapi akan sulit dikalahkan jika mereka mendekati performa terbaik mereka.

Taiwan yang tergabung di Grup 1C, memiliki beberapa pasangan ganda yang kuat, dengan tanggung jawab cenderung diambil oleh Wang Chi Lin/Lee Yang . Pasangan peringkat 32 dunia itu tengah dalam performa mengesankan, memenangkan gelar Barcelona Spain Masters dan kemudian mencapai tiga final beruntun Swiss Open, Orleans Masters dan India Open 2019 di mana mereka memenangkan dua turnamen terakhir.

Denmark dan Inggris akan menantang Indonesia di Grup 1B. Denmark, yang kehilangan bintang ganda putri dan ganda campuran dalam beberapa tahun terakhir, akan sangat bergantung pada nomor tunggal putra dan ganda putra. Pasangan peringkat 9 dunia, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen diharapkan memimpin skuad, tetapi mereka belum menemukan performa terbaik mereka setelah mengklaim gelar Victor China Open tahun lalu yang merupakan kemenangan terbesar mereka sejauh ini.

Artikel Tag: Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Piala Sudirman 2019

3914  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini