Praveen/Melati Terhenti di Perempatfinal Japan Open 2018

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 14 Sep 2018, 17:04 WIB
Praveen/Melati Terhenti di Perempatfinal Japan Open 2018

Praveen Jordan-Melati Daeva Oktavianti/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Pupus sudah harapan Indonesia untuk meraih gelar ganda campuran di Japan Open 2018, setelah wakil satu-satunya yang masih tersisa, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kandas di babak perempatfinal dari peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Meskipun kalah, Praveen/Melati tak memberikan kemenangan mudah kepada Peng Soon/Liu Ying karena harus bertarung hingga tiga game dengan durasi 68 menit dengan skor 19-21, 22-20 dan 17-21.

Ketatnya permainan sudah terjadi sedari menit awal game pertama. Praveen/Melati yang tampil impresif, berhasil mengontrol ritme permainan untuk berada dalam posisi unggul. Namun dalam momen kritis, banyaknya service yang dilakukan oleh Melati dianggap fault oleh wasit justru memberikan poin mudah bagi lawan. Alhasil game pertama menjadi milik Peng Soon/Liu Ying dengan 19-21.

Tak mau kalah begitu saja, Praveen/Melati terus berusaha menekan dan bermain lebih sabar untuk meladeni serangan-serangan Peng Soon/Liu Ying. Meskipun pasangan Malaysia juga tak tinggal diam dan berhasil memaksakan setting. Namun, Praveen/Melati mampu menjaga keunggulan untuk menutup game kedua dengan 22-20.

Game ketiga Praveen/Melati mampu unggul cepat 3-0 di awal laga. Namun kemudian Peng Soon/Liu Ying terus menyusul hingga memimpin di interval dengan 9-11.

Selepas restart, Praveen/Melati berusaha untuk mengejar ketertinggalan hingga menyamakan kedudukan menjadi 15-15. Namun sayang, keputusan wasit sedikit berpengruh di momen ini yang membuat Praveen/Melati tak mampu menjaga momentum hingga kembali harus merelakan game ketiga direbut oleh Peng Soon/Liu Ying dan gagal melangkah ke babak semifinal Japan Open 2018.

"Ya mau main bagaimana kalau pasangan ganda yang servis cuma satu? Kalau giliran Mely servis, selalu dinyatakan fault. Tidak ada penjelasan, dibilangnya 'too high' terus. Jadi pincang sebelah. Kalau dilihat video pertandingan, hampir 80 persen di-fault. Padahal Mely sudah servis sampai hampir jongkok," ujar Praveen setelah pertandingan.

"Kami bukannya mau cari alasan karena kalah, tetapi kenyataannya memang ini sangat memengaruhi permainan kami tadi," tambah Praveen.

Dengan hasil ini, sektor ganda campuran gagal mengirim wakilnya ke babak empat besar setelah wakil lainnya, pasangan Hafiz Faisal/Gloria Emanuella Widjaja sudah tersingkir terlebih dahulu di babak kedua.

Artikel Tag: Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Japan Open 2018

787