Piala Sudirman 2019: Pemain India Terinspirasi Kemenangan di Commonwealth Games

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 21 Mei 2019, 06:00 WIB
Piala Sudirman 2019: Pemain India Terinspirasi Kemenangan di Commonwealth Games

PV Sindhu-Saina Nehwal/[Foto:Sportstarlive]

Berita Badminton: Unggulan delapan India yang membawa 13 pemain, akan mencari inspirasi dari kemenangan sensasionalnya atas Malaysia dalam perjalanan merebut medali emas beregu campuran pertama kalinya di Commonwealth Games 2018 lalu.

India menjadi favorit melawan tim muda Malaysia tanpa legenda mereka, Lee Chong Wei, ketika tampil dalam pertandingan pertama Grup 1D Piala Sudirman 2019 pada Selasa (21/5).

India, yang telah mencapai babak perempat final dua kali dalam edisi 2011 dan 2017, harus mengalahkan Malaysia, semifinalis 2009, dalam pertandingan pembuka. Kejutan apa pun melawan Malaysia akan membuat laga berikutnya melawan China sebagai pertempuran yang harus dimenangkan.

Malaysia digulung 0-5 oleh tuan rumah China di pertandingan pembuka pada Minggu (19/5) dan kekalahan melawan India akan membuat tim Negeri Jiran itu tersingkir dari kompetisi.

Peluang India akan bergantung pada para pemain tunggal seperti juara bertahan BWF World Tour Finals, PV Sindhu, juara Indonesia Masters 2019, Saina Nehwal, finalis India Open 2019, Kidambi Srikanth dan semifinalis BWF World Tour Finals 2018, Sameer Verma.

Malaysia akan dipimpin oleh Goh Jin Wei dan Soniia Cheah di nomor tunggal putri, sementara Lee Zii Jia akan menjadi andalan di nomor tunggal putra tanpa kehadiran Chong Wei, yang masih belum pulih dari kanker hidung.

India memang memegang keunggulan di sektor keduanya, namun mengingat cara Soniia membuat perlawanan atas juara All England 2019, Chen Yufei pada hari Minggu, akan menarik untuk melihat siapa yang akan dipilih India untuk turun antara pemain peringkat 5 dunia, Sindhu atau peringkat 9 dunia, Saina.

Malaysia akan membutuhkan pasangan ganda untuk meraih kinerja yang baik dan menyelamatkan harapan untuk mencapai babak sistem knockout. Malaysia menyaksikan beberapa pertunjukan yang menjanjikan tahun ini dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di nomor ganda putra, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean di nomor ganda putri serta Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing di nomor ganda campuran.

Bagi India, kembalinya Satwiksairaj Rankireddy setelah cedera memberikan harapan India di sektor ganda putra dan ganda campuran.

Artikel Tag: PV Sindhu, saina nehwal, kidambi srikanth, Piala Sudirman 2019

2896  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini