banner babe

Piala Sudirman 2019: Hadapi China di Semifinal, Thailand Tanpa Tekanan

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 25 Mei 2019, 15:00 WIB
Piala Sudirman 2019: Hadapi China di Semifinal, Thailand Tanpa Tekanan

Tim Thailand di Piala Sudirman 2019/[Foto:Nationbadminton]

Berita Badminton : Tim bulu tangkis Thailand tidak dalam tekanan apa pun saat berhadapan dengan juara 10 kali China di pertandingan semifinal kejuaraan bergengsi Piala Sudirman 2019 pada Sabtu (25/5) di Nanning, China.

Thailand, yang dihuni oleh mantan pemain nomor satu dunia, Ratchanok Intanon dan pasangan ganda campuran peringkat 4 dunia, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, membuat negaranya bangga setelah mengalahkan juara bertahan Korea Selatan di perempat final dengan skor akhir 3-1. Mereka telah mencapai target awal untuk mencapai babak sistem gugur sehingga hal lain akan menjadi bonus.

Menuju ke pertandingan semifinal, Thailand sebagai tim underdog melawan tim China yang bertabur bintang yang mempunyai juara tunggal putra Olimpiade Rio 2016, Chen Long, juara tunggal putri All England Open 2019, Chen Yufei dan juara ganda putri All England Open 2019, Chen Qingchen/Jia Yifan.

"Kunci yang membuat kami sampai sejauh ini adalah karena kami sangat solid sebagai sebuah tim,” kata pelatih Thailand asal Indonesia, Rexy Mainaky, yang juga mantan peraih medali emas Olimpiade.

“Para pemain tidak pernah menganggap diri mereka bintang. Mereka memandang setiap pemain sama. Mereka semua bisa menang dan kehilangan poin," ungkapnya.

Ini adalah penampilan ketiga Thailand di semifinal Piala Sudirman, yang pertama pada tahun 2013 dan yang kedua dua tahun lalu di Gold Coast Australia.

Mainaky mengakui bahwa ia bahkan terkejut dengan kemenangan timnya atas juara bertahan itu.

“Kami datang ke sini dengan harapan tinggi dan dengan semangat tim yang baik. Jadi kami layak untuk mencapai tahap ini. Tentu saja saya terkejut dan begitu juga dunia,” tambah Mainaky.

Pelatih Ratchanok, Patapol Ngernsrisuk yang membantu Mainaky, mengatakan bahwa mereka akan membahas susunan pemain terbaik untuk membuat kejutan melawan China.

“Pada kenyataannya, kami mungkin yang tertindas tetapi kami akan berjuang keras. Susunan pemain kami tidak akan mempermudah mereka,” kata Patapol.

Pasangan ganda campuran Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai Sapsiree, berhasil mengalahkan pasangan nomor satu dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong di semifinal Singapore Open April lalu, dan berharap mereka akan terinspirasi dari kemenangan itu untuk meraih kejutan lagi.

“Kami semua bertekad untuk berjuang keras. Berpegang teguh pada rencana permainan dan apa yang harus kami fokuskan terlebih dahulu," tegas Sapsiree dengan yakin.

Artikel Tag: ratchanok intanon, Dechapol Puavaranukroh, Sapsiree Taerattanachai, Piala Sudirman 2019

696  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini