Pertarungan Berat Lee Zii Jia di BWF World Tour Finals 2020

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 27 Jan 2021, 13:30 WIB
Lee Zii Jia Hadapi Pertarungan Berat di World Tour Finals

Victor Axelsen-Lee Zii Jia/[Foto:NST]

Berita Badminton : Tunggal putra omor 10 dunia, Lee Zii Jia perlu berbuat lebih banyak untuk menyelamatkan harga dirinya di BWF World Tour Finals yang akan dimulai pada hari ini (27/1).

Peluang sangat ditumpuk melawan debutan berusia 22 tahun itu, yang dipandang sebagai pemain terlemah di Grup A yang terdiri dari peringkat 4 dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, peringkat 2 dunia asal Taiwan, Chou Tien Chen dan Anthony Ginting dari Indonesia yang berada di peringkat 6 dunia.

Pada dua Thailand Open terakhir, Lee Zii Jia gagal menyamai performa terbaik yang membuatnya mencapai semifinal All-England tahun lalu sementara Axelsen, yang kemudian memenangkan gelar di Arena Birmingham, melanjutkan permainannya dengan memperkuat kemenangan beruntun di Impact Arena di Bangkok.

Juga menang di Spanyol Masters sebelum penangguhan Covid-19, Axelsen telah memenangkan empat gelar di banyak turnamen di World Tour dan sekarang menawarkan 20 pertandingan tak terkalahkan secara beruntun.

Pemain Denmark itu akan berusaha memanfaatkan momentum bagusnya untuk memperebutkan mahkota World Tour Finals ketiganya, menambah kemenangan sebelumnya pada 2016 dan 2017.

Tien Chen, sementara itu, tetap menjadi lawan yang tangguh dengan dua pertandingan semifinal di Thailand, sementara Anthony Ginting tentunya bertekad untuk tampil lebih baik di ajang akhir musim setelah kalah dari Kento Momota Jepang di final 2019.

Patut juga dicatat bahwa rekor head-to-head melawan ketiga rival ini tidak menguntungkan Lee Zii Jia, apalagi melawan Ginting, Zii Jia kalah dua kali dalam pertemuan mereka sebelumnya.

Lee Zii Jia juga kalah dua dari tiga pertemuannya melawan Axelsen, dengan yang terakhir di semifinal All England. Melawan Tien Chen, kekalahan mudah Zii Jia di perempat final Thailand Open pertama dua pekan lalu adalah kekalahan ketiganya secara beruntun dan keempat secara keseluruhan dalam enam pertemuan.

Pelatih Hendrawan berharap Zii Jia akan tampil baik dalam kesempatan tersebut.

“Selain mempersiapkannya dalam aspek taktis, kami juga berusaha sebaik mungkin untuk membantu Zii Jia membangun kembali kepercayaan dirinya,” kata Hendrawan.

“Dari dua turnamen terakhir, jelas dia telah kehilangan kepercayaan diri dan permainannya ... jadi itulah fokus langsung kami. Namun, semuanya belum hilang. Kami berharap dia memberikan apa pun yang tersisa untuk diperjuangkan sampai akhir," jelas mantan juara dunia asal Indonesia itu.

Undian tunggal putra World Tour Finals 2020 :

Grup A: Viktor Axelsen (Den), Chou Tien-chen (Tpe), Lee Zii Jia (Mas) dan Anthony Ginting (Ina).

Grup B: Anders Antonsen (Den), Wang Tzu-wei (Tpe), K. Srikanth (Ind) dan Angus Ng Ka Long (Hkg).

Artikel Tag: Lee Zii Jia, victor axelsen, Anthony Sinisuka Ginting, World Tour Finals

1802  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini