banner babe

Pertandingan Mana Yang Paling Berkesan Bagi Lee Chong Wei?

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 16 Jun 2019, 12:00 WIB
Pertandingan Mana Yang Paling Berkesan Bagi Lee Chong Wei?

Lee Chong Wei-Lin Dan/[Foto:NST]

Berita Badminton : Manakah pertandingan Lee Chong Wei yang paling berkesan? Jawabannya adalah sebuah kejutan. Ini bukan Olimpiade, Kejuaraan Dunia atau All England.

Setelah bermain 839 pertandingan dan menang sebanyak 705 kali selama 19 tahun, Chong Wei mengungkapkan bahwa final Malaysia Open tahun 2006 melawan Lin Dan adalah yang paling berkesan.

Mantan pemain nomor satu dunia itu mengatakan bahwa itu adalah pengalaman yang tak terlupakan karena Super Dan hanya berjarak satu poin dengan kemenangan saat ia memimpin 20-13 di pertandingan penentuan.

Entah bagaimana, Chong Wei melakukan comeback yang menakjubkan dengan memenangkan tujuh poin beruntun untuk menyamakan kedudukan menjadi 20-20 melawan juara dunia lima kali itu sebelum menang 23-21.

“Tentu saja kemenangan Malaysia Open 2006 adalah yang paling berkesan bagi saya. Lin Dan memimpin 20-13 dan hanya membutuhkan satu poin lagi,” kenang Chong Wei.

"Saya masih membutuhkan delapan poin dan saya beruntung saya tidak melakukan kesalahan hingga akhirnya memenangkan pertandingan," ungkapnya.

Sebagai catatan, Chong Wei membutuhkan waktu 70 menit untuk bisa mengalahkan Lin Dan dengan 21-18, 18-21 dan 23-21 di Stadion Perpaduan, Kuching, Serawak Malaysia.

Chong Wei yang akan berulang tahun ke-37 pada Oktober mendatang, memenangkan medali perak Olimpiade dan perak Kejuaraan Dunia sebanyak tiga kali, juga ditanya tentang momen terburuk dalam karirnya. Jawabannya? Kalah di babak pertama All England dan menghadapi hukuman kasus doping tahun 2015.

“Saya ingat pernah ada kekalahan dini di putaran pertama All England. Itu adalah salah satu poin terendah dalam karir saya. Lalu ada suspensi doping. Itu adalah kenangan pahit bagi saya,” aku Chong Wei.

Artikel Tag: lee chong wei, lin dan, olimpiade tokyo 2020, Pensiun

2355  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini