Persiapan Sudah Matang, Malaysia Open Akan Digelar Akhir Bulan Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 03 Mei 2021, 09:15 WIB
Kementerian Olahraga Yakin Malaysia Open Akan Digelar Akhir Bulan Ini

Lee Zii Jia-Choong Hann/[Foto:NST]

Berita Badminton : Kementerian Pemuda dan Olahraga yakin bahwa Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) dapat memenuhi semua aspek kepatuhan protokol Covid-19 yang diperlukan untuk menyelenggarakan Malaysia Open 2021, yang dijadwalkan akan diadakan pada akhir bulan ini.

Datuk Seri Reezal Merican Naina Merican mengatakan kementeriannya akan menyampaikan masalah ini kepada perhatian dan dukungan Kementerian Kesehatan (MoH) dan Dewan Keamanan Nasional (NSC).

Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan turnamen berstandar internasional tersebut membutuhkan tata kelola yang lebih besar dan berbeda karena melibatkan atlet dari berbagai negara.

Dia mengatakan semua persyaratan protokol Covid-19 perlu diperhatikan untuk memastikan partisipasi atlet luar negeri di Malaysia Open tidak terpengaruh, yang pada gilirannya akan memengaruhi status turnamen.

"Apalagi, beberapa negara bahkan sudah mengeluarkan travel advisories ke Malaysia sementara ada juga larangan penerbangan dari negara tertentu ke negara kita, seperti India, ditambah dengan non-partisipasi China. Oleh karena itu, saya yakin BAM dapat mengelola turnamen tersebut, dan kementerian akan memberikan dukungan kami dalam hal persiapan kerangka olahraga bubble, memastikan turnamen dapat terselenggara dengan aman, sesuai sepenuhnya dengan SOP yang ditetapkan."

“Meski demikian, kami tetap akan menunggu Kemenkes dan NSC serta mengikuti perkembangan terkini antara BAM dengan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF),” ujarnya dalam jumpa pers di Kuala Lumpur.

Dalam perkembangan terpisah, Reezal mengatakan sisa Liga Sepak Bola Malaysia (MFL) akan dilanjutkan sesuai jadwal bahkan jika pemerintah memberlakukan Perintah Kontrol Gerakan (MCO) dalam waktu dekat setelah lonjakan baru-baru ini dalam jumlah kasus Covid-19. Dia mengatakan ini karena MFL dan beberapa pertandingan lain seperti Liga Sepak Takraw (STL) Liga Hoki Malaysia (MHL) telah diberikan persetujuan sebelumnya oleh NSC.

"Semua pemain dan pelatih berada dalam model gelembung olahraga dan tidak ada pelanggaran terhadap MCO. Jadi, tidak akan ada efek apa pun dan permainan bisa terus berjalan."

“Satu-satunya perbedaan adalah jika MCO ada, maka tidak akan ada penonton yang hadir,” tambahnya.

Artikel Tag: Malaysia Open 2021, bam

532  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini