Persaingan Emas Tunggal Putra Terbuka Lebar Setelah Tersingkirnya Momota

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 29 Jul 2021, 13:15 WIB
Persaingan Emas Tunggal Putra Terbuka Lebar Setelah Tersingkirnya Momota

Kento Momota/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Perebutan gelar kejuaraan akbar Olimpiade Tokyo 2010 sektor tunggal putra kini terbuka lebar dengan tersingkirnya Kento Momota asal Jepang secara mengejutkan.

Juara dunia dua kali dan unggulan teratas, Kento Momota dikalahkan oleh pemain Korea Selatan Heo Kwang Hee yang berusia 25 tahun dengan 15-21 dan 19-21 dalam pertandingan terakhir Grup A kemarin, menghancurkan harapan tuan rumah Jepang untuk melihat pertama kalinya juara tunggal putra bulu tangkis menang di kandang sendiri. Hanya juara grup yang lolos ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020.

Tersingkirnya Kento Momota tentunya menjadi kesempatan bagus untuk para pemain top dunia lainnya seperti juara bertahan asal China, Chen Long dan Shi Yuqi, mantan juara dunia asal Denmark, Victor Axelsen dan Anders Antonsen, serta pemain andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Di hari yang penuh kejutan, Kevin Cordon mencuri perhatian ketika pemain Guatemala berusia 34 tahun itu, yang bermain di Olimpiade keempatnya, mengalahkan unggulan kedelapan Angus Ng Ka Long dari Hong Kong dengan 22-20 dan 21-13 untuk memenangkan pertandingan penyisihan Grup C dan meraih hak untuk bermain di babak sistem gugur Olimpiade Tokyo 2020.

Ini adalah kedua kalinya pemain peringkat 59 dunia, yang terkenal mengirim Chen Long dari China berkemas di Kejuaraan Dunia 2011, berhasil melangkah jauh di turnamen besar sejauh ini.

Di London 2012, Cordon juga lolos dari babak penyisihan grup tetapi dikalahkan oleh Sho Sasaki dari Jepang.

Dia tampaknya memiliki peluang bagus untuk melangkah lebih jauh kali ini saat dia menghadapi paket kejutan lain yakni pemain veteran, Mark Caljouw dari Belanda untuk mendapatkan tempat di babak delapan besar.

Mark Caljouw juga tampil mengesankan kemarin saat tampil sebagai juara Grup D setelah mengalahkan unggulan ke-13, Sai Praneeth B dari India dengan straight 21-14 dan 21-14.

Artikel Tag: kento momota, Chen Long, Anthony Sinisuka Ginting, olimpiade tokyo 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/persaingan-emas-tunggal-putra-terbuka-lebar-setelah-tersingkirnya-momota
36204  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini