banner babe

Peringatan Keras Kepada Rival, China Akan Sapu Bersih Emas di Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 04 Jun 2019, 22:00 WIB
Peringatan Keras Kepada Rival, China Akan Sapu Bersih Emas di Olimpiade Tokyo

Chen Yufei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: China memperingatkan semua rival bulu tangkis mereka bahwa mereka akan menyapu bersih lima medali emas yang akan diperebutkan di Olimpiade Tokyo tahun depan setelah mengangkat gelar ke-11 mereka di Piala Sudirman 2019 beberapa waktu lalu.

Kepala pelatih Federasi Badminton China, Zhang Jun yakin tim mudanya memiliki bekal yang diperlukan untuk mengulang prestasi luar biasa yang terakhir mereka raih di Olimpiade London 2012.

Tujuh tahun lalu, Lin Dan mengalahkan Lee Chong Wei di final tunggal putra untuk menyumbang satu dari lima medali emas China. Gelar lain datang melalui Cai Yun/Fu Haifeng (ganda putra), Li Xuerui (tunggal putri), Tian Qing/Zhao Yunlei (ganda putri) dan Zhang Nan/Yunlei (ganda campuran).

Ini adalah pertama kalinya suatu negara memborong kelima emas sejak bulu tangkis dipertandingan di Olimpiade pada tahun 1992 lalu.

"Kami bertekad untuk merebut semua medali emas di Olimpiade Tokyo 2020," kata Zhang Jun dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan agen pers pemerintah China, Xinhua.

"Kami memiliki pemain muda yang bersaing di setiap sektor, dan saya berharap mereka akan menunjukkan keinginan mereka untuk menang," ungkapnya.

Zhang Jun sendiri adalah peraih medali emas Olimpiade dua kali, setelah memenangkan gelar ganda campuran dengan Gao Ling di Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004.

Supremasi Tiongkok terancam sejak tahun lalu dengan munculnya Jepang sebagai negara adikuasa baru, yang tidak terkalahkan di beberapa turnamen besar. Namun China menunjukkan bahwa mereka kembali ke jalur yang benar dengan memenangkan tujuh dari 10 gelar utama tahun ini.

Zhang Jun sangat senang terutama dengan kebangkitan para pemain tunggal putri mereka, Chen Yufei memenangkan gelar All England dan mengakhiri kekeringan gelar tunggal putri selama tujuh tahun, sementara Chen Qingchen/Jia Yifan menaklukkan dominasi Jepang di ganda putri dengan keluar sebagai juara All England dan Malaysia Open 2019.

Shi Yuqi juga membuktikan bahwa ia telah mempersempit kesenjangan melawan pemain peringkat 1 dunia, Kento Momota, yang disebut-sebut menjadi favorit kuat untuk memenangkan emas tunggal putra di Tokyo tahun depan.

Sedangkan untuk ganda putra dan ganda campuran, China tentu saja dapat mengandalkan pasangan teratas Li Junhui/Liu Yuchen dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang merupakan juara dunia di sektor masing-masing.

Artikel Tag: Chen Yufei, Shi Yuqi, Chen Qingchen, Jia Yifan, Zheng Siwei, Huang Yaqiong, olimpiade tokyo 2020

3075  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini