Perasaan Campur Aduk Hendrawan Setelah Penundaan Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 27 Mar 2020, 17:30 WIB
Perasaan Campur Aduk Hendrawan Setelah Penundaan Olimpiade

Hendrawan-Misbun Sidek/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Pelatih kepala tunggal putra tim nasional Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, memiliki perasaan tak menentu atas penundaan Olimpiade Tokyo hingga 2021. Penundaan Olimpiade mengikuti keputusan untuk membatalkan semua turnamen bulu tangkis hingga setidaknya akhir Mei mendatang.

Diantara mereka yang telah menunggu dengan bersemangat untuk Olimpiade adalah pemain tunggal putra nomor satu tim nasional, Lee Zii Jia yang kini telah mencapai peringkat karier tertinggi di posisi 10 dunia. Dan sekarang, Zii Jia harus menunggu sedikit lebih lama untuk melakukan debutnya yang sangat dinanti di Tokyo.

Sementara pelatihnya, Hendrawan, senang bahwa penundaan akan memastikan keamanan para pemain, ia juga mengkhawatirkan dampak penundaan yang akan terjadi pada pemainnya.

“Ini bagus untuk semua orang karena kita sekarang dapat fokus pada kesehatan dan keselamatan. Para pemain juga memiliki lebih banyak waktu untuk bersiap," kata pelatih Indonesia itu, dikutip dari The Star.

“Di sisi lain, semua pembatalan turnamen ini akan mematahkan ritme pemain kami yang semuanya masih sangat muda. Saya khawatir mereka tidak memiliki kedewasaan untuk menangani semua ini,” jelas Hendrawan.

Kesulitannya dapat dimengerti karena para pemain seperti Zii Jia, yang mencapai semifinal All England beberapa waktu lalu, akan kehilangan momentum ketika dia menunggu kesempatannya untuk bersinar dalam ujian terbesar.

Selain Zii Jia, Cheam June Wei juga tampil baik di Kejuaraan Beregu Asia di Manila, Filipina, pada bulan Februari lalu, tetapi kemajuannya sekarang terhenti karena Covid-19. Dia dijadwalkan tampil pertama kali di Swiss Open (17-22 Maret) di Basel, tetapi sekarang turnamennya dibatalkan.

“Para pemain kami memiliki hasil yang baik. Ada semangat dalam diri mereka dan mereka sangat termotivasi tetapi sekarang semuanya telah berubah,” keluh Hendrawan.

Dan hal-hal yang tidak mungkin menjadi lebih baik karena pemerintah telah memperpanjang lockdown sampai 14 April.

Untuk saat ini, Hendrawan hanya ingin para pemainnya fokus pada menjaga kebugaran mereka di rumah.

“Saya telah menyarankan mereka untuk tetap bugar. Saya akan berbicara dengan mereka setelah diizinkan kembali untuk latihan," jelas mantan juara dunia itu.

Artikel Tag: hendrawan, Lee Zii Jia, olimpiade tokyo 2020, Virus Corona

566  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini